KAJIAN PENDIDIKAN SEBAGAI SALAH SATU NILAI BUDAYA, SEBUAH CATATAN PERJALANAN PESERTA PROGRAM MENYAPA NEGERIKU, KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI (MASYARAKAT DISTRIK MERDEY, KABUPATEN TELUK BINTUNI, PAPUA BARAT,)

Muhammad Reyhan Florean


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i02.169

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji; (1) kondisi masyarakat Distrik Merdey, (2) kondisi pendidikan di Distrik Merdey, (3) nilai-nilai budaya masyarakat Distrik Merdey, Kabupaten Teluk bintuni, Papua Barat. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan sejak peneliti melaksanakan pembekalan peserta Program Menyapa Negeriku di Jakarta hingga sampai di lokasi sasaran, yaitu Distrik Merdey, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Distrik Merdey adalah salah satu distrik tertua dan terisolir di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, sehingga akses yang sulit, diperparah dengan tidak adanya listrik dan sinyal di daerah ini, menjadikan Distrik Merdey tertinggal; (2) dari latar belakang kondisi Ditrik Merdey, kondisi pendidikan di daerah ini pun menjadi sangat memprihatinkan, namun hadirnya SM-3T lambat laun mampu membawa pendidikan di Distrik Merdey menjadi lebih maju (3) faktor lain penyebab terpuruknya pendidikan di Distrik Merdey adalah faktor nilai-nilai budaya yang berkembang di masyarakat, dimana ada beberapa budaya yang tidak lagi sesuai dan harus diubah untuk menjadi lebih baik

Kata-kata Kunci: Masyarakat, Distrik Merdey, Pendidikan, Nilai Budaya, Menyapa Negeriku


Article Metrics :