PENERAPAN METODE PENCIPTAAN LAGU ANAK BERBASIS TEMA UNTUK GURU TK NEGERI PEMBINA SRENGAT BLITAR
Abstract
Kegiatan belajar mengajar pada anak usia dini sering dilakukan melalui media lagu anak untuk menyampaikan sebuah materi sesuai dengan tema pada kurikulum. Berdasarkan hal tersebut, maka banyak pula dibutuhkan lagu anak untuk memenuhi proses belajar. Kebutuhan akan lagu anak menuntut guru untuk mempunyai kumpulan lagu anak. Maka dari itu diperlukan kemampuan guru untuk menciptakan lagu anak supaya kebutuhan lagu anak terpenuhi. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan penerapan metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Research and Development Sugiyono (2010) dengan model Borg and Gall yang meliputi 10 langkah tahapan. Metode penciptaan lagu anak menggunakan teori bentukĀ musik oleh Prier (2013). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan penerapan metode menciptakan lagu anak.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) keefektifan metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak ditinjau berdasarkan ketercapaian guru dalam menciptakan lagu anak sesuai metode menunjukkan nilai efektif, dari 13 guru sebagai subyek ujicoba pemakaian menghasilkan 13 lagu anak (100%). Bentuk lagu yang berhasil diciptakan oleh guru menunjukkan nilai baik (73%).
Kata kunci: metode penciptaan, lagu anak, berbasis tema