ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 1 MLINJON KECAMATAN SURUH KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa Indonesia, untuk melestarikan bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan menanamkan Bahasa Indonesia sejak dini. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih perlu ditingkatkan agar siswa lebih memahami suatu teks atau wacana serta mengungkapkan ide secara lisan maupun tertulis. Melalui motivasi belajar diharapkan siswa mampu memahami dan berfikir tentang apa yang sedang dihadapinya dan akan menambah pengetahuan yang luas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Proses ini dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data langsung dilokasi penelitian. Selanjutnya, proses analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan verivikasi. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Dari hasil analisis data diketahui bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 1 Mlinjon masih rendah terlihat dari rendahnya minat siswa untuk belajar bahasa Indonesia baik dikelas maupun dirumah, dibuktikan juga dari hasil nilai semester 1, yang menunjukkkan beberapa siswa kelas IV mendapatkan nilai yang kurang dari KKM, dan dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu 1). Faktor diri sendiri 2). Faktor lingkungan 3). Faktor keluarga. Dampak penyebab rendahnya motivasi belajar siswa secara internal dikarenakan kurangnya termotivasi semangat belajarnya dan secara eksternal dikarenakan 1). Kinerja guru 2). Sarana prasarana 3). Lingkungan sekitar dan cara mengatasi menyebab rendahnya motivasi belajar siswa pihak sekolah harus 1).menyediakan fasilitas dan media pembelajaran 2).guru yang memiliki kratifitas yang tinggi dan tidak menggunakan metode ceramah yang monoton dalam proses pembelajaran.
Keywords
bahasa indonesia; motivasi belajar