ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM KARANGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 2 MOJOARUM KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ARIANI PURWO


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1537

Abstract


Kesalahan berbahasa adalah analisis yang digunakan guru dan peneliti bahasa dengan mengumpulkan data, pengidentifikasian kata, pengklasifikasian dan pengevaluasian kesalahan data. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendiskripsikan kesalahan ejaan dalam karangan narasi siswa kelas III SDN 2 Mojoarum Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Kesalahan mencakup penulisan huruf kapital, penulisan kata depan, dan penggunaan tanda baca. Jenis penelitian diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 2 Mojoarum. Hasil analisis kesalahan penggunaan ejaan dalam penulisan huruf kapital 24 siswa, kesalahan penulisan kata depan 16 siswa, dan kesalahan penggunaan tanda baca 5 siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya kesalahan penulisan huruf kapital di awal kalimat baru, penulisan di pertengahan kalimat, penulisan nama tempat, nama hari dan nama orang, kesalahan penulisan kata depan pada nama tempat dan penulisan kata tidak menunjukkan tempat, untuk penggunaan tanda baca siswa menunjukkan kesalahan penggunaan tanda titik dan tanda hubung.

Keywords


Karangan Siswa; Kesalahan Ejaan; Pelajaran Bahasa Indonesia

Article Metrics :