PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM MEMAKAI BAJU MELALUI TEKNIK SHAPING PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV SLB KORPRI KAUMAN

TITIN MUNAWAROH


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1535

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan program khusus Pengembangan Diri dalam memakai baju dengan teknik shaping dan untuk membuktikan bahwa teknik shaping dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri siswa tunagrahita khususnya tunagrahita ringan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborator dengan teman sejawat. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB KORPRI Kauman sejumlah 4 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data program khusus Pengembangan Diri diperoleh melalui observasi, tes dan catatan lapangan. Setelah diberikan perlakuan pada siklus I, siklus II dan siklus III dapat disimpulkan bahwa teknik shaping dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri dalam memakai baju pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB KORPRI Kauman.
Kriteria keberhasilan penelitian ditetapkan berdasarkan ketercapaian peningkatan kemampuan pengembangan diri dalam memakai baju yaitu minimal pada kategori baik Maka dapat disimpulkan bahwa dengan teknik shaping dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri anak tunagrahita ringan. Disarankan kepada sekolah untuk selalu menggunakan teknik shaping dalam pembelajaran pengembangan diri pada anak tunagrahita.


Keywords


Pengembangan Diri Memakai Baju; Teknik Shaping; Tunagrahita Ringan

Article Metrics :