METODE ADDIE PADA PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN TIK
Abstract
Laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saat ini semakin hari semakin pesat perkem- bangannya.Perkembangan tersebut disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang salah satunya adalah bidang pendidikan. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah lama dimanfaatkan untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash yang layak serta memudahkan guru mata pelajaran Teknologi Infor- masi dan Komunikasi (TIK) di dalam menyampaikan materi. Metode penelitian menggunakan model ADDIE karena produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran bukan rekayasa perangkat lunak. Tahapan dari metode ini adalah tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan angket. Data yang di peroleh dari angket ahli materi, ahli media dan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada tahap analysis yaitu melakukan identifikasi kebutuhan berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran. Tahap design menghasilkan user interface serta flowchart yang akan dibuat. Development yaitu tahap pembuatan produk pada adobe flash cs6. Tahap implementation yaitu melakukan uji coba produk oleh ahli media menghasilkan presentasi nilai 90% dengan kualifikasi sangat layak dan presentasi nilai sebesar 93% dari ahli materi dengan kualifikasi sangat layak. Tahap terakhir adalah evaluation melakukan uji coba kelompok kecil memperoleh presentasi sebesar 92% dengan kualifikasi sangat layak , Selanjunya pada uji coba kelompok besar mendapatkan presentasi nilai sebanyak 91% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan hasil diatas, bisa disimpulkan secara keseluruhan produk yang dikembangkan ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.