PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUB TEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN II SAMBITAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media diorama yang memiliki kelayakan dan efektif sebagai media pembelajaran pada sub tema lingkungan sekitar di SDN II Sambitan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN II Sambitan yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan hasil tes siswa.Angket dibuat menjadi empat, yaitu angket untuk dosen ahli media, angket untuk ahli dosen materi, angket untuk dosen ahli RPP, dan angket siswa. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) Media yang selesai dibuat kemudian divalidasi oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan dosen ahli RPP. Kualitas media yang telah dikembangkan adalah baik dengan tingkat kevalidan 75-100%. (2) Kemenarikan media pembelajaran ini dilihat dari hasil implementasi media dilihat dari hasil perolehan penilaian angket siswa dengan perolehan presentase 96-100%. (3) Keefektifan hasil belajar siswa pada pretestyang tuntas 4 siswa dan jumlah siswa yang tuntas pada posttestadalah 8 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa nilai posttestlebih baik dari nilai pretest. Jadi ada perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Kata Kunci: hasil belajar; media diorama