nalisis Kegiatan Bernyanyi Sebelum PembelajaranTerhadap Kemampuan Daya Ingat Dalam Berhitung Siswa Kelas II Di SDN 3 Babadan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung
Abstract
Kemampuan daya ingat siswa dalam berhitung, peningkatkan kemampuan daya ingat siswa melalui kegiatan bernyanyi dalam menerapkan latihan soal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomologis. Siswa kelas II di SDN 3 Babadan Kecamatan Karangrejo Tulungagung beserta guru kelas II SDN 3 Babadan dengan jumlah siswa 8 dan guru 1.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara Berhitung menjadi syarat untuk dapat belajar matematika. Kurangnya pemahaman siswa tentang perkalian, serta kurangnya minat belajar dalam berhitung di SDN 3 Babadan. Hal ini yang mendasari guru melaksanakan kegiatan bernyanyi terhdap kemampuan daya ingat dalam berhitung. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah lirik lagu yang mampu meningkatkan daya ingat, kegiatan bernyanyi sebelum pembelajraan terhadap siswa beserta guru, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket, wawancara siswa beserta guru, tes, dan dokumentasi dianalisis dengan cara reduksi data, penayjian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian bahwa kegiatan bernyanyi sebelum pembelajaran yang dilakukan di SDN 3 Babadan mampu meningkatkan kempuan daya ingat siswa dalam mengfal perkalian dan berhitung. Upaya untuk terus meningkatkan kemampuan daya ingat siswa, guru melakukan kegiatan secara berulang-ulang dan berkelanjutan. Untuk mengasah kemampuan dan mengetahui peningkatan daya ingat siswa, guru secara berulang-ulang memberikan latihan-latihan soal kepada siswa baik latihan lisan maupun tertulis. Peneliti mengemukan saran bagi siswa, guru dan juga peneliti selanjutnya.Kata Kunci:Berhitung, Daya Ingat, Kegiatan Bernyanyi