Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Pendekatan Saintifik Pada SiswaKelas II Dan V Di SDN I Bolorejo Tahun Pelajaran 2017/2018

Eka Permatasari
Eka Yuliana Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v4i02.1380

Abstract


Kurikulum yang berlaku adalah kurikulum 2013, dimana pada proses pembelajarannya menggunakan tematik integratif dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan kendala serta solusinya dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakandi SDN I Bolorejo, yang mana sekolah tersebut telah menerapkan kurikulum 2013 di empat kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjeknya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas II dan V di SDN I Bolorejo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Perencanaan pembelajaran di kelas II dan V dilakukan guru dengan menyiapkan RPP danmedia. 2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas II dan V telah menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan meskipun tidak secara keseluruhan setiap harinya. 3) Kendala yang dihadapi adalah guru kesulitan menyusun RPP yang sesuai kurikulum 2013, sarana dan prasarana, pembelajaran kurang berpusat pada siswa, hasil pengamatan kurang sesuai dengan tujuan, siswa yang pasif serta pengkondisian kelas saat percobaan belum efektif. 4) Solusi guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan mendiskusikan permasalahan-permasalahannya saat KKG, menampilkan buku tematik dengan menggunakan LCD, memberikan penjelasan dan umpan-umpan kepada siswa serta berupaya untuk mengondisikan kelas dengan baik.Kata kunci: Pembelajaran,Tematik Integratif, Pendekatan Saintifik

Article Metrics :