PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTEK PANJEREJO
Abstract
ABSTRAK : Dalam usaha Apotek, kepuasan pelanggan memiliki peran yang sangat penting dalam mempertahankan pangsa pasar dan meningkatkan reputasi sebuah apotek. Harga yang terlalu tinggi dapat mendorong pelanggan mencari opsi lain, seperti apotek lain atau obat generik yang lebih terjangkau. Oleh karena itu, penetapan harga yang bersaing dan sesuai dengan nilai obat-obatan menjadi sangat penting bagi apotek untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap apotek dan membuat mereka merasa dihargai sebagai konsumen. Sebaliknya, pelayanan yang kurang memuaskan dapat menurunkan kepuasan pelanggan dan mengakibatkan mereka mencari alternatif lain. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif. Jumlah populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan Apotek Panjerejo. Sampel yang digunakan sebanyak 95 orang yang didapatkan dari perhitungan menggunkan rumus Slovin. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner atau angket kepada responden. Hasil uji data secara parsial menunjukkan bahwa Harga (X1) memiliki nilai thitung (4,462) > ttabel (1,986) dan nilai signifikansi yang diperoleh 0,000 < 0,05. Kualitas Pelayanan (X2) diperoleh nilai thitung (4,408) > ttabel (1,986) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan hasil Fhitung (98,095) > Ftabel (3,094) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai Ajusted R2 sebesar bahwa sebesar 0,674 yang artinya bahwa Kualitas Pelayanan dan Fasilitas mempengaruhi Kepuasan Pelanggan sebesar 62,6% dan sisanya 32,6% Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti : Lokasi, fasilitas, kualitas produk.