PERSEPSI STAKEHOLDER INTERNAL DALAM PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

Linawati Wati


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v1i02.60

Abstract


Linawati, Susi Damayanti

Universitas Nusantara PGRI Kediri

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) persepsi stakeholder internal dalam partisipasi penyusunan anggaran berbasis kinerja terhadap kinerja manajerial pada lembaga sektor publik di Kota Kediri. (2) Mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran berbasis kinerja berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada lembaga sektor publik di Kota Kediri.

Penelitian dilakukan pada lembaga sektor publik di Kota Kediri, dengan mengambil sampel adalah Rumah Sakit di Kota Kediri. Rumah saakit yang dijadikan sampel adalaha 3 Rumah Sakit di Kota Kediri. Data yang dipergunakan adalah data primer, yaitu melalui responden dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, uji One Way ANOVA serta uji regresi sederhana.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi stakeholder internal yang dipengaruhi masa kerja terhadap kinerja manajerial. Adapun partisipasi penyusunan anggaran berbasis kinerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada rumah sakit di Kota Kediri.

Kata kunci: partisipasi anggaran, kinerja manajerial. 


Article Metrics :