DAMPAK KEBERADAAN MALL BANGKALAN PLAZA TERHADAP PASAR TRADISIONAL KI LEMAH DUWUR DI KABUPATEN BANGKALAN

Zaiful Arief
Yusrianto Sholeh
Ika Lis Mariatun


DOI: https://doi.org/10.29100/.v2i2.352

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak keberadaan Mall Bangkalan Plaza terhadap pedagang Pasar Tradisional Ki Lemah Duwur di Kabupaten Bangkalan tahun 2016-2017. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara secara mendalam (in-dept interview) berdasarkan kuesioner yang telah disiapkan dan pengamatan (observasi) terhadap pedagang dan pembeli pasar tradisional. Analisis deskriptif digunakan untuk mengindentifikasi dampak keberadaan Mall Bangkalan Plaza terhadap pedagang Pasar Tradisional Ki Lemah Duwur di Kabupaten Bangkalan.

Berdasarkan hasil wawancara, terbukti bahwa keberadaan Mall Bangkalan Plaza berdampak pada pedagang Pasar Tradisional Ki Lemah Duwur Kabupaten Bangkalan. Hal itu tampak, adanya perubahan omset penjualan sesudah keberadaan Mall Bangkalan Plaza. Pedagang mempunyai strategi khusus dalam menanggapi penurunan omset akibat keberadaan Mall Bangkalan Plaza dengan memilih mengambil untung sedikit diikuti dengan strategi ambil sopan-santun dalam berdagang dan melakukan pembenahan secara fisik maupun non-fisik pasar terutama kebersihan Pasar Tradisonal Ki Lemah Duwur.

Kata Kunci: Omset penjualan, Faktor Keberadaan, Dorongan


Article Metrics :

References


Basri, M. Chatib dkk., (2012), Rumah Ekonomi Rumah Budaya,Cetaka I, PTGramediaPustaka Utama, Jakarta.

Clindif, Edward W, Richard R.still, Norman A.P Govoni. 2007. DASAR-DASAR MARKETING MODERN II, Yogyakarta: LIBERTY.

Kotler, Philip, Gary Amstrong. 2006. DASAR-DASAR PEMASARAN. Edisi kesembilan jilid dua, Jakarta: PT INDEKS.

Lestari A, Anik. 2007. MANAJEMEN PEMASARAN, IKIP Surabaya: University Press.Swastha, basu dan D.H. Irawan. 1983. Menejemen pemasaran modern. Edisi IV. Yogyakarta : Liberty.

Tarigan, R., 2006, Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi, Cetakan III, PT Bumi Aksara, Jakarta dalam jurnal lokal yang mempunyai ISSN atau jurnal nasional terakreditasi.Daftar Pustaka.