IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO

Rika Pristian Fitri A


DOI: https://doi.org/10.29100/.v2i2.350

Abstract


Abstrak

Semakin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik, dan banyak pula orang menganggur, maka semakin dirasakan pentingnya dunia wirausaha. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan pemerintah sangat terbatas. Oleh sebab itu, wirausaha merupakan potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun dalam mutu wirausaha itu sendiri. Mata kuliah Kewirausahaan sangat perlu diajarkan di perguruan tinggi dengan harapan setelah mahasiswa mendapatkan mata kuliah Kewirausahaan setelah lulus kuliah mereka berminat menjadi seorang wirausahawan. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam kegiatan implementasi pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan berupa proses kegiatan pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro mulai dari persiapan hingga evaluasi dinyatakan berjalan baik. Pembelajaran mata kuliah kewirausahaan dilakukan dengan teori di dalam kelas dan mahasiswa praktik kewirausahaan. Kurikulum, silabus, sarana dan prasarana mendukung berjalannya proses pendidikan kewirausahaan di Prodi Pendidikan Ekonomi. Penguasaan materi teori kewirausahaan oleh mahasiswa cukup baik, ada beberapa responden yang cenderung merasa bosan dengan pembelajaran teori karena media yang digunakan dalam pembelajaran dan kurangnya kesadaran mereka terhadap pentingnya materi teori kewirausahaan. Manfaat dari pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan yaitu dilihat dari pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan secara keseluruhan yang terdiri dari pemahaman terhadap matakuliah, praktik Kewirausahaan dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha, mahasiswa mulai memahami seluk-beluk kewirausahaan dengan baik, meningkatkan ketertarikan mahasiswa untuk menjadi seorang wirausaha, dan kemampuan mahasiswa untuk berinovasi. Walaupun masih ada beberapa mahasiswa yang masih tidak percaya diri dalam melakukan suatu usaha.        

            Kata kunci: Implementasi, Pembelajarn, Kewirausahaan, dan Minat

Article Metrics :

References


Ariamtisna, Linda. 2008. Studi Kewirausahaan pada Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Eksekutif: Volume 5, Nomor 2, Agustus 2008. http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=12075&idc=72 Diakses tanggal 22 Agustus 2014

Buchari, Alma. 2014. Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta

Elisartika 2017. Manfaat Mempelajari Kewirausahaan Bagi Kehidupan (Online).

https://www.google.co.id/amp/manfaat.co.id/manfaat-mempelajari-kewirausahaan/amp. Diakses tanggal 22 Agustus 2014.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Longnecker, J., Carlos, W. M., & Petty, W. J. (2001). Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Terjemahan Thomson learning. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Soetadi, I. (2010). Kewirausahaan. Medan: USU press.

Wardani dan Kirwani. Pendidikan Kewirausahaan Dan Implementasinya Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi: volume 1, Nomor 3, 2013.

https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwio8bygOrVAhUJS48KHTpvD0YQFghgMAc&url=http%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.unesa.ac.id%2Farticle%2F5831%2F53%2Farticle.pdf&usg=AFQjCNGprsIbDi_7SoJ67BszqVc1C5P-lg. Diakses tanggal 22 Agustus 2017