PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA PGRI KALANGBRET SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak : Peningkatan kualiatas sumber daya manusia saat ini sangatlah dibutuhkan dan harus dikembangkan. Upaya pengembangan tersebut salah satunya adalah melalui pendidikan, dimana setiap individu pasti akan dikenai pendidikan dalam perkembangan hidupnya. Dalam juga proses pembelajaran tersediannya sumber belajar yang memadai akan dapat mengatasi hambatan ruang dan waktu yang terkait dengan proses pembelajaran di kelas. Dengan demikian, tersediannya sumber belajar yang memadai akan dapat melengkapi (improvement), memelihara (maintenance), maupun memperkaya (enrichment) dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kesiapan Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran Ekonomi di SMA PGRI KALANGBRET Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Dari hasil uji Uji Normalitas: titik-titik menyebar disekitar garis diagonal dan penyebarannya mengikuti garis diagonal. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa data yang diambil berdistribusi normal. Hasil uji multikolinieritas model regresi dalam penelitian ini pada bagian Collinearity terlihat bahwa Tolerance sebesar 1.000 dan besaran VIF berada pada 1.000, maka dikatakan bahwa model regresi tidak terdapat problem multikolinieritas. Uji heteroskedastisitas: penyebaran titik-titik data tidak berpola yang jelas, serta titik-titiknya menyebar diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y. Maka di indikasikan tidak terdapat masalah heteroskesdasitas.
Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda: Y = 70.373 + 0.091 X1 + 0.201 X2. Berdasarkan hasil uji t untuk (pengaruh kesiapan belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y): Nilai t hitung (2,302) > ttabel (2.042) dan tingkat signifikansi 0.027 < 0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t untuk pengaruh pemanfaatan sumber belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) : Nilai t hitung (2.432) > t tabel (2.042) dan tingkat signifikansi 0.020 < 0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Pengujian hipotesis secara simultan (Uji F): analisis data di atas menunjukkan Fhitung (5.717) > Ftabel (3.32) dan tingkat signifikansi 0.007 < 0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif kesiapan belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi secara simultan (bersama-sama).
Kesimpulannya adalah ada pengaruh positif antara variabel X1 kesiapan belajar dan variabel X2 pemanfaatan sumber belajar terhadap variabel Y prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA PGRI KALANGBRET Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini menunjukan bahwa 24,6% perubahan variabel Y dipengaruhi oleh perubahan X1 dan X2. Sedangkan sisanya sebesar 75,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kesiapan Belajar Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arifin, Zainal. 1990. Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembalajaran, Prinsip, Prosedur. Bandung. PT. Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Dalyono. 2007. Psikologi Penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus besar Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1995. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bineka Aksara.
Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Putri, Kadek Sri Eka. 2010. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Asuhan Kebidanan I Mahasiswa Semester II Akbid Mitra Husada Karanganyar. (online) https://eprints.uns.ac.id/5187/, diakses 10 Januari 2017 pukul 06:35.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2011. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 1998. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1989. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 1990. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT, Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kuwalitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sukmaningrum, Lusi. 2012. Pengaruh Minat Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS SMP N 2 Kauman Tahun Pelajaran 2011/2012.
Sumartana, Wayan Nurkancara, 1983. Evaluasi pendidikan. Surabaya : Indonesia.
Undang-undang Republik Indonesia. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Undang-undang Republik Indonesia.
Warsito, Bambang. 2008. Tekonologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia