PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DI MASA PANDEMI COVID-19

Yulia Rantika, Riris Utami Putri

Abstract


Pemasaran digital merupakan alternatif bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dengan
anggaran promosi yang terbatas. Penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter,
Instagram, dan website merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk menciptakan
brand awareness, engagement, sales bahkan loyalty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui penggunaan strategi pemasaran digital pada 21 UKM yang sudah go online dan
implikasinya pada keunggulan bersaing UKM tersebut. Digital marketing salah satu solusi
dalam meningkatkan pemasaran UMKM di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan digital marketing terhadap peningkatan kinerja
pemasaran UMKM sebagai acuan bagi pelaku UMKM dalam peningkatan kinerja
pemasaran. Hasil dari studi literatur dan wawancara kepada 10 pelaku UMKM yang telah
menerapkan digital marketing, variabel yang digunakan pada penelitian ini ialah social
media marketing capability, e-commerce adoption, instant messaging orientation, digital
marketing dan kinerja pemasaran.


Keywords


Pengaruh Digital Marketing, Keunggulan Bersaing, Pandemi Covid 19



DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v7i2.2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulia Rantika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi)
ISSN : 2548 - 6187
Published by STKIP PGRI Tulungagung
W :https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jupeko/index
E : ekonomi@stkippgritulungagung.ac.id 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.