PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Rofikhoh Rofikhoh

Sari


ABSTRAK.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, apakah kompetensi Pedagogik Guru, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dapat berpengaruh terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data primer kuesioner dengan melibatkan 112 responden sebagai sampel data. Pengujian hipotesis dengan metode statistik uji-t dan uji-F setelah sebelumnya dilakukan uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan secara parsial kompetensi Pedagogik Guru, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Secara simultan menunjukkan kompetensi Pedagogik Guru, lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung.

 

Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Perilaku Belajar.

 

ABSTRACT

This study aims to examine whether the pedagogic competence of teachers, school environment and family environment can affect the learning behavior of class XI students of SMK PGRI 1 Tulungagung. This research method is quantitative with questionnaire primary data involving 112 respondents as data samples. Hypothesis testing with statistical methods t-test and F-test after previously tested the quality of the data and the classical assumption test. The results of the analysis showed that partially the pedagogic competence of teachers, school environment and family environment had a significant positive effect on the learning behavior of class XI students of SMK PGRI 1 Tulungagung. Simultaneously shows the pedagogic competence of teachers, school environment and family environment have a significant positive effect on the learning behavior of class XI students of SMK PGRI 1 Tulungagung.

 

Keywords: Teacher Pedagogic Competence, School Environment, Family Environment, Learning Behavior.


Kata Kunci


Kompetensi Pedagogik Guru; Lingkungan Sekolah; Lingkungan Keluarga; Perilaku Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anindita, A. (2011). Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011.

Arianto, M. R. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Masehi PSAK Ambarawa.

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nunnally, J. (1967). Psycometric Theory. New York : McGraw Hill.

Priani, D. H. S., & Ismiyati. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379–390. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.31621

Rustiana, A., & Chalifah, N. (2012). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Jekulo Kudus. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VII(1), 14–28.

Setyawati, V., & Subowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Soffatunni’mah, E., & Thomas, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa di MAN 2 Semarang. 6(2).

Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sudrajad, A. (2012). Aspek dan Indikator Kompetensi Pedagogik Guru. 1–6.

Sugiyanto. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Bandung : Alfabeta.

Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400




DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v7i1.2208

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##