PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-IIS DI SMAN 1 KAMAL
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja secara kolaboratif dengan mencari kartu pasangan yang telah dimiliki. Model pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran yang dinyatakan dengan skor atau nilai. Guna mengetahui sejauh mana signifikansi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap prestasi belajar siswa maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen yang mengacu pada pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X – IIS di SMAN 1 Kamal. Dan yang menjadi sampel adalah kelas yang berjumlah 36 siswa dimana kelas tersebut akan dijadikan kelas eksperimen. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest – Postest Design, dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum dna sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tes awal sebelum pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tes akhir setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa variabel bebas yaitu pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y), diperoleh (16,074 ≥ 1,688) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (0,05), sehingga diterima dengan kata lain model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Prestasi Belajar Siswa