PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, LEVERAGE, KOMITE AUDIT DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018

Hestin Sri Widiawati

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi perbedaan kepentingan antara pemerintah sebagai pihak pemungut pajak dengan manajer perusahaan sebagai pihak yang dipungut pajaknya. Pemerintah berusaha untuk memaksimalkan pendapatan dari pajak sedangkan perusahaan menilai pajak yang dibayar dapat mengurangi laba yang diperoleh karena beban pajak sehingga perusahaan cenderung melakukan praktik tax avoidance. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Kinerja Lingkungan, Leverage, Komite Audit dan Komisaris Independen secara parsial terhadap Tax Avoidance. (2) Untuk mengetahui pengaruh Kinerja Lingkungan, Leverage, Komite Audit dan Komisaris Independen secara simultan terhadap Tax Avoidance.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018 yaitu sebanyak 183 perusahaan. Sampel dalam penelitian sebanyak 50 perusahaa nmenggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 150 data. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS windows versi 23.

Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa Kinerja Lingkungan secara parsial berpengaruh negatef signifikan terhadap Tax Avoidance. Leverage (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance. Komite Audit secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance.Komisaris Independen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance.Kinerja Lingkungan, leverage, Komite Audit, dan komisaris Independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance.


Kata Kunci


Tax Avoidance, Kinerja Lingkungan , Leverage, Komite Audit, Komisaris Independen

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v6i1.1915

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##