Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Kesiapan Guru SMA se-Kabupaten Tulungagung Dalam Rangka Mengimplementasikan Kurikulum 2013

Siswo Subagyo


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v4i2.1466

Abstract


Peraturan pemerintah nomor:74 tahun 2008 menjelaskan bahwa kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Kompetensi ini memberikan indikasi bahwa guru harus memiliki landasan yang kuat tentang konsep dan masalah pembelajaran ditinjau dari sosiologis, filosofis, historis, dan psikologis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap kesiapan guru SMA se-Kabupaten Tulungagung dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap kesiapan guru SMA se-Kabuapaten Tulungagung dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan kesiapan guru SMA se-Kabupaten Tulungagung dalam rangka mengimplementasikan kurikulum 2013. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri san swasta se-Kabupaten Tulungagung, sedangkan sampelnya adalah sebagian guru negeri dan swasta dengan teknik pengambilan sampel menggunakan are probability random sampling sebanyak 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui persepsi guru tentang kompetensi pedagogik dan kesiapan dalam dalam melaksanakan kurikulum 2013. Teknik analisa data menggunakan Regresi Linier Sederhana dengan bantuan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS diperoleh t hitung sebesar 12.117, sedangkan t tabel pada taraf nyata 0,05 dengan derajat bebas n-2 adalah 1,684. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 38 times
PDF (Indonesian) View : 52 times