PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET MELALUI HOTSPOT AREA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA PGRI 2 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Dwi Wahyuni


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v4i2.1394

Abstract


Kemajuan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah gerbang awal menuju kehidupan yang lebih baik dan efisien sebagai efek dari ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh manusia di era globalisasi saat ini. Dalam dunia pendidikan pemanfaatan internet sangat menunjang dalam proses belajar mengajar, karena dengan adanya media ini para siswa, guru dan kepala sekolah dapat lebih mudah dan cepat untuk mengakses atau mencari data serta informasi-informasi mengenai kebutuhan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanfaatan teknologi internet melalui hotspot area terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA PGRI 2 Jombang Tahun Pelajaran 2018-2019. Adapun rancangan penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan teknologi internet melalui hotspot area terhadap prestasi belajar siswa kelas X dengan koefisien korelasi sebesar 0,319 dan probabilitas (p = 0.013) signifikan pada taraf kesalahan a = 0.05, dari data tersebut dapat diartikan bahwa ada pengaruh pemanfaatan teknologi internet melalui hotspot area terhadap prestasi belajar siswa kelas X dengan kategori tergolong lemah.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 124 times
PDF (Indonesian) View : 93 times