PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), KINERJA LINGKUNGAN, DAN PERSENTASE KEPEMILIKAN MANAJEMEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Eni Duwita Sigalingging


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jupeko.v4i2.1345

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja lingkungan dan Persentase Kepemilikan Manajemen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia serta untuk mengetahui profitabilitas sebagai variabel moderating mampu memperkuat hubungan antara Corporate Social Responsibility (CSR), Kinerja lingkungan dan Persentase Kepemilikan Manajemen terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah industri manufaktur sebanyak 142 perusahaan yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai dengan 2014. Metode penentuan sampel dengan metode purposive sampling, dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 38 perusahaan manufaktur. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan uji moderating dengan alat bantu aplikasi SPSS. Hasil analisis penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel CSR, Kinerja Lingkungan, dan kepemilikan manajemen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel CSR berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel kinerja lingkungan dan kepemilikan manajemen berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel profitabilitas bukan merupakan variabel moderating yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara CSR, Kinerja Lingkungan, dan Kepemilikan Manajemen terhadap nilai perusahaan yang terdapat di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics :

Abstract view : 98 times
PDF (Indonesian) View : 76 times