Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Tulungagung

fajar surya tama, Maria Agatha

Sari


Dengan adanya citra yang sudah baik serta akreditasi prodi yang sudah mendapat nilai B dari BAN-PT, maka diharapkan STKIP PGRI Tulungagung secara umumnya dan Prodi Pendidikan ekonomi pada khususnya mampu menyaring jumlah mahasiswa yang lebih banyak. Akan tetapi pada kenyataannya jumlah mahasiswa di STKIP PGRI Tulungagung cenderung menurun dari tahun 2014-2018. Adapun tujuan penelitian ini adalah:1.Mengetahui pengaruh citra perguruan tinggi terhadap keputusan mahasiswa memlih program studi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Tulungagung. 2.Mengetahui pengaruh akreditasi program studi terhadap keputusan mahasiswa memlih program studi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Tulungagung. 3.Mengetahui pengaruh citra perguruan tinggi dan akreditasi prodi terhadap keputusan mahasiswa memlih program studi pendidikan ekonomi  STKIP PGRI Tulungagung.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 2 yang terdiri dari dari kelas 2A dan 2B sebanyak 71. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yang artinya seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 71 mahasiswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi.

Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi; Y = 27,587 + 0,378 X1 + 0,311 X2. Persamaan menunjukkan bahwa keputusan mahasiswa dipengaruhi  oleh citra perguruan tinggi dan akreditasi program studi. Kesimpulan yang diambil adalah 1). Citra perguruan tinggi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (3,544) > ttabel (1,995) dan nilai signifikan 0,001< 0,05 yang berarti signifikan. 2). Akreditasi program studi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (3,344) >ttabel (1,995) dan nilai signifikan 0,001< 0,05 yang berarti signifikan 3). Citra perguruan tinggi dan akreditasi program studimempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan hal ini dibuktikkan dengan nilai Fhitung (21,320) > Ftabel (3,13) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya citra perguruan tinggi dan akreditasi program studi terhadap keputusan mahasiswa dapat diterima. 4). Koefisien determinasi sebesar 0,367 menunjukan bahwa besarnya pengaruh citra perguruan tinggi dan akreditasi program studi terhadap keputusan mahasiswa adalah sebesar 36,7%, sedangkan sisanya sebesar 63,3%di pengaruhi variabel lain.

Kata Kunci: Citra perguruan tinggi, akreditasi program studi, keputusan mahasiswa 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v6i1.1140

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##