Analisa Tata Kelola Sistem Informasi PT XYZ Menggunakan Framework COBIT 2019

Amelia Rahmadani
Nur Futri Ayu Jelita
Megawati Megawati

Abstract


Sistem Integrated Customer Relationship Management Plus (iCRM+) digunakan oleh PT XYZ sebagai platform utama dalam pengelolaan layanan pelanggan, pelacakan distribusi material, dan dokumentasi gangguan operasional. Sistem ini dirancang untuk mendukung efisiensi dan akuntabilitas proses bisnis melalui fitur digital seperti ticketing, dashboard monitoring, dan notifikasi otomatis. Meskipun sistem telah berjalan secara fungsional, evaluasi tata kelola dan pengelolaan proyek TI perlu dilakukan guna memastikan keselarasan sistem dengan tujuan strategis perusahaan. Penelitian ini menggunakan framework COBIT 2019 dengan fokus pada domain EDM02 (Ensure Benefits Delivery) dan BAI01 (Manage Programs and Projects), serta metode Process Assessment Model (PAM). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner berdasarkan RACI Chart. Hasil evaluasi menunjukkan domain EDM02 berada pada level kapabilitas 3 (Managed Process) dengan beberapa kelemahan pada atribut PA 4.1 (Process Measurement) dan PA 4.2 (Process Control). Sedangkan domain BAI01 mencapai level kapabilitas 2 (Managed Process), namun masih terdapat kesenjangan pada atribut PA 1.1 (Process Performance) dan PA 3.1 (Process Definition). Kesenjangan ini menunjukkan perlunya strategi perbaikan dalam aspek pengukuran, kontrol, dan inovasi proses untuk meningkatkan efektivitas tata kelola TI dan pemanfaatan sistem iCRM+ secara berkelanjutan.

Article Metrics :

References


Annisa Fitri Aulia and Tata Sutabri, “Analisa ITSM Pada Website ICRM+ PT.PLN ICON PLUS Menggunakan Framework ITIL V3,” Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 32–38, 2024, doi: 10.52005/restikom.v6i1.306.

D. Elsa, M. Shella, and D. Widowati, “Prosedur Pelayanan Pelanggan Berbasis ICRM ( Interactive Customer Relationship Management ) Pada PT PLN Icon Plus Divisi Retail SBU Jawa Bagian Timur,” vol. 4, no. 2, pp. 2720–2724, 2025.

COBIT 2019, Governance and Management Objectives. 2019.

M. Ikhsan, A. P. Widodo, and K. Adi, “Systematic Literature Review on Corporate Information Technology Governance in Indonesia using Cobit 2019,” Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, vol. 9, no. 2, p. 354, 2021, doi: 10.33394/j-ps.v9i2.4370.

R. S. Anggraeni, A. F. Rochim, and A. P. Widodo, “Komparasi COBIT 2019 dan ISO 27001 Terhadap Audit ISO 21001 untuk Akurasi Rekomendasi Audit SI / TI Pendidikan,” vol. 01, 2025, doi: 10.21456/vol15iss1pp142-151.

A. Irhandayaningsih, “Performance Measurement of Information Technology Governance in the Library of Diponegoro University Using COBIT Assessment Framework,” E3S Web of Conferences, vol. 202, 2020, doi: 10.1051/e3sconf/202020215001.

E. Sorongan, “Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan,” vol. VI, no. 2, pp. 157–164, 2018.

B. S. Sukmara, G. F. Nama, and R. A. Pradipta, “Penilaian Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Framework Cobit 5 Subdomain Edm02 (Studi Kasus Pt Bank Lampung Kantor Pusat),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, pp. 1789–1795, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4440.

I. Recommendations, “Penerapan COBIT 2019 dalam Merancang Rekomendasi Perbaikan Kinerja Rumah Sakit Implementation of COBIT 2019 for Designing Hospital Performance,” vol. 14, pp. 1176–1185, 2025.

I. G. Wikan Aditya, I. G. Putu Krisna Juliharta, and I. G. Agung Pramesti Dwi Putri, “PENERAPAN FRAMEWORK COBIT 2019 DALAM AUDIT TATA KELOLA SISTEM INFORMASI PADA LPD DESA BERABAN,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 4, pp. 2592–2599, Jan. 2024, doi: 10.36040/jati.v7i4.7142.

I. S. A. and C. Association, COBIT® 2019 Framework: Governance and Management Objectives. ISACA, 2018.

B. S. Sukmara, G. F. Nama, and R. A. Pradipta, “Penilaian Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan

Framework Cobit 5 Subdomain Edm02 (Studi Kasus Pt Bank Lampung Kantor Pusat),” Jurnal Informatika

dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, pp. 1789–1795, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4440.

D. Febrina, “Analisis Adaptasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Model Bisnis

Berkelanjutan dan Green Economy,” Jurnal Akademik Ekonomi dan Manajemen, vol. 1, no. 4, pp. 311–320,

, doi: 10.61722/jaem.v1i4.3392.

I. Recommendations, “Penerapan COBIT 2019 dalam Merancang Rekomendasi Perbaikan Kinerja Rumah

Sakit Implementation of COBIT 2019 for Designing Hospital Performance,” vol. 14, pp. 1176–1185, 2025.

I. G. Wikan Aditya, I. G. Putu Krisna Juliharta, and I. G. Agung Pramesti Dwi Putri, “PENERAPAN

FRAMEWORK COBIT 2019 DALAM AUDIT TATA KELOLA SISTEM INFORMASI PADA LPD

DESA BERABAN,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 4, pp. 2592–2599, Jan. 2024,

doi: 10.36040/jati.v7i4.7142.

I. S. A. and C. Association, COBIT® 2019 Framework: Governance and Management Objectives. ISACA,

M. Lestari, A. Iriani, and H. Hendry, “Information Technology Governance Design in DevOps-Based E

Marketplace Companies Using COBIT 2019 Framework,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan

Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 233–252, 2022, doi: 10.29407/intensif.v6i2.18104.

R. Widayanti and G. N. V. Lestari, “TINGKAT CAPABILITY TATA KELOLA TI PADA SIAKAD

MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 2019,” Sebatik, vol. 26, no. 1, pp. 377–386, Jun. 2022, doi:

46984/sebatik.v26i1.1854.

J. Y. Mambu, V. Fanesa, M. Pythagoras, and C. Lumingkewas, “Identifikasi Level Kapabilitas IT

Governance Menggunakan Framework Cobit 2019 Pada PT Icon+,” Jurnal Informasi dan Teknologi, vol. 5,

no. 2, pp. 19–29, 2023, doi: 10.37034/jidt.v5i2.322.