PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM ORIENTASI DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
Abstract
Manfaat yang dapat diambil dari keberadaan teknologi smartphone adalah dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif bagi penggunanya. sehingga media perangkat lunak pembelajaran interaktif ini dapat terus dikembangkan salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR). Mengembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran pengenalan Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi berbasis augmented reality agar bisa dipakai oleh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Rejotangan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode penelitian Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Pada tahap analisis , peneliti menganalisis permasalah dan kebutuhan siswa melalui kegiatan observasi dan wawancara ,Tahap Design adalah tahap dimana peneliti membuat gambaran produk serta alur pembuatanya. Tahap Development yaitu tahap dimana produk di hasilkan seperti media pembelajaran yang di harapkan. Tahap implementation yaitu tahap uji ahli media sebesar 92% dengan kriteria Sangat Layak, Tahap uji ahli materi sebesar 84% dengan kriteria Sangat Layak, hasil uji kelompok kecil sebesar 98% dengan kriteria Sangat Layak dan hasil uji kelompok besar sebesar 88;73% dengan kriteria Sangat Layak jika dijumlahkan hasil keseluruhan uji coba yang telah dilakukan adalah sebesar 91%. Jika disesuaikan dengan rating scale maka hasil tersebut dikatakan “Sangat Layak”. digunakan sebagai media pembelajaran
DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v6i2.9287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fahrur Rozi, Yandria Elmasari, Bian Dwi Pamu, Ahmad Khoirul Latif Ansori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.