PENGARUH PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST (CBT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV) DI SMK ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

Vertika Panggayuh, Bian Dwi Pamungkas, Diah Ayu Ratnasari

Abstract


Perkembangan IPTEK yang begitu pesat menawarkan berbagai kemudahan dalam berbagai bidang, terutama pendidikan yakni dengan bervariasinya media evaluasi pembelajaran yang digunakan guru. Sehubungan dengan hal tersebut sejak tahun 2014 pemerintah sudah mulai memberlakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Yang kemudian lebih dikenal dengan Computer Based Test, sistem ujian yang memanfaatkan teknologi atau komputer yang terintegrasi dalam lingkungan yang diawasi sehingga memungkinkan siswa untuk melakukan self-assesment. CBT dinilai lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan ujian berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang saat ini sudah mulai ditinggalkan. Dengan diterapkannya ujian sistem CBT memberikan kemudahan bagi para siswa dan guru, membiasakan siswa dengan teknologi serta mengurangi kecemasan siswa ketika ujian. Sehubungan dengan adanya permasalahan tersebut peneliti membuat penelitian tentang Computer Based Test dan Motivasi Belajar yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya terhadap Kemandirian Belajar siswa pada jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung tahun 2021/2022.

         Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif non-eksperimen, dengan populasi seluruh siswa SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling, jumlah sampel sebanyak 37 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan Teknik analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang posistif dan signifikan Computer Based Test terhadap kemandirian belajar siswa pada jurusan DKVdengan tingkat signifikansi 0,001 kurang dari 0,05 (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa pada jurusan DKV dengan taraf signifikansi 0,020 kurang dari 0,05 (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan Computer Based Test dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar siswa pada jurusan DKV dengan taraf signifikansi 0,000 kurang dari 0,05.




DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v7i2.9283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vertika Panggayuh, Bian Dwi Pamungkas, Diah Ayu Ratnasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JoEICT (Journal of Education And ICT)
ISSN 2987-3215
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
University of Bhinneka PGRI

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/index


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.