PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK SD NEGERI 01 NGRANCE
Abstract
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas belum memanfaatkan ragam media pembelajaran berbasis teknologi hanya menggunakan media yang ada seperti papan tulis, guru belum memanfaatkan media teknologi lain yang bersifat interaktif. Peserta didik memerlukan media pembelajaran yang tepat untuk mengantarkan konsep pecahan sederhana agar mudah dipahami dan di mengerti. Sehubungan dengan hal tersebut maka dapat dipandang perlu untuk mengembangkan media game berbasis mobile yang layak dalam pembelajaran matematika materi pecahan untuk SD Negeri 01 Ngrance.
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation, Evaluasi). Media game edukasi ini divalidasi oleh dosen jurusan Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Angket digunakan untuk mengevaluasi kualitas media, kualitas materi, dan respon siswa. Uji coba media dilakukan di SD Negeri 01 Ngrance dengan jumlah responden 13 siswa dan 1 guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media game edukasi berbasis mobile yang dikembangkan dengan nama Game Edukasi Pecahan Sederhana dengan materi Pecahan Sederhana. Dan Game Edukasi Pecahan Sederhana sangat layak digunakan untuk belajar pecahan sederhana siswa kelas IV. Kualitas produk media pembelajaran ini ditentukan oleh aspek kelayakan materi dan media. Penilaian aspek kelayakan ahli media memperoleh 95,7%. Dan penilaian aspek kelayakan ahli materi memperoleh 82,5%, kedua presentase tersebut dikategorikan sebagai “sangat layak”. Untuk penilaian berdasarkan respon siswa didapat presentase 92,75% dengan presentase kelayakan “sangat layak”.DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v7i2.9281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Abdul Haris Indrakusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.