pangaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan video scribe sparkol terhadap hasil belajar siswa smk perwari tulungagung tahun ajaran 2017/2018

pipin setiyowati


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v3i1.694

Abstract


Metode discovery learning adalah suatu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk bersikap aktif, menambah kepercayaan diri, dan bisa berpikir sendiri serta mengarahkan siswa untuk lebih giat belajar. Pembelajaran ini memotivasi siswa untuk belajar mandiri dan bisa menemukan jawaban sendiri. Dengan menggunakan metode ini diharapkan siswa lebih meningkatkan hasil belajar dan menambah pengetahuan dalam pembelajaran. Dalam pelaksanaan metode ini menggunakan media video sribe sparkol. Video sribe sparkol adalah media yang digunakan untuk membantu menyampaikan materi kepada siswa supaya lebih mudah menerima materi. Rumusan dalam penelitian ini adalah “(1)bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Perwari Tulungagung, (2)apakah ada pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Perwari Tulungagung, (3)seberapa besar pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Perwari Tulungagung”.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian kuantitatif berupa jenis penelitian eksperimen dengan rancangan model penelitian Pre-Eksperimental dengan bentuk Intact-Group Comparison. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Metode ini digunakan untuk memperoleh data dari metode discovery learning (variabel X) dan hasil belajar (Y). Instrument ini digunakan pada tes adalah 20 butir pertanyaan berupa pilihan ganda. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh variabel X dan Y maka dalam perhitungan menggunakan ttest.

Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji ttest sebesar 0,001 < 0,05 maka terdapat pengaruh signifikansi metode discovery learning terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan pemilihan metode pembelajaran bagi SMK Perwari khususnya mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X supaya dapat meningkatkan hasil belajar dan menambah pengetahuan yang luas.


Full Text:

PDF

Article Metrics :