PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PLUS AL FALAH REJOTANGAN

ahmad syaifudin, Yandria Elmasari

Abstract


Keberadaan media sosial telah mengubah bagaimana akses terhadap teknologi digital berjaringan. Untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan arus globalisasi yang semakin hebat. Motivasi belajar sangat erat sekali hubungannya dengan perilaku siswa disekolah sehingga dapat membangkitkan dan mengarahkan peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang baru serta kecemasan bahwa kecenderungan menggunakan media sosial dapat memberi pengaruh positif atau negatif terhadap motivasi dan kedisiplinan belajar siswa

         Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dari SMP Plus Al Falah seluruh kelas VIII. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dimana sampel yang diambil sebanyak 20 siswa dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai berupa uji normalitas, uji prsyarat dan uji hipotesis.

                                Hasil penelitian ini menunjukkan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat belajar dan kedisiplinan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi untuk variabel media sosial sebesar 0,507 tanda positif yang berarti bahwa semakin tinggi pengaruh media sosial terhadap motivasi belajar dan, koefisien regresi untuk variable media sosial sebesar 0,850 tanda positif yang berarti bahwa semakin tinggi pengaruh media sosial terhadap kedisiplinan belajar siswa. Untuk koefisien parsial penggunaan media sosial terhadap motivasi belajar, thitung (2,848) > ttabel (2,086) dan nilai signifikan 0,011< 0,05,  maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima dan koefisien parsial penggunaan media sosial terhadap kedisiplinan belajar siswa, thitung (5,169) > ttabel (2,086) dan nilai signifikan 0,000< 0,05,  maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima  untuk  Jadi pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Plus Al Falah Rejotangan

Keywords


Media Sosial, Motivasi Belajar, Kedisiplinan Belajar



DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v4i2.1724

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/joeict.v4i2.1724.g910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ahmad syaifudin, Yandria Elmasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.