PENGGUNAAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY PADA PERANCANGAN ARSITEKTUR

Ryski Dwi Pratowo

Abstract


Masuknya teknologi digital pada perancangan arsitektur telah mengubah cara kerja arsitek dan calon arsitek dari konvensional menggunakan kertas, pensil, dan mesin gambar menjadi cara komputerisasi dan digitalisasi. Kehadiran teknologi virtual reality (VR) memberikan alternatif untuk menghasilkan dan mengkomunikasikan sebuah karya desain secara virtual. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk meneliti bagaimana penggunaan virtual reality (VR) dalam perancangan arsitektur. Pada studi kasus pertama, ditemukan bahwa negara-negara di Eropa telah memanfaatkan teknologi virtual reality (VR) untuk keperluan pelestarian bangunan bersejarah. Caranya adalah dengan mensimulasikan bangunan bersejarah agar tampak utuh sehingga pengunjung dapat melihat dan menyaksikan secara virtual kemegahan bangunan tersebut pada masa lampau. Pada studi kasus kedua, didapatkan bahwa teknologi virtual reality (VR) membantu mempresentasikan hasil karya kepada klien dan memberikan pengaruh terhadap pandangan klien dalam memahami hasil karya. Kemampuan teknologi virtual reality (VR) mensimulasikan ulang sebuah bangunan dapat meningkatkan proses pembelajaran dan memfasilitasi pemahaman generasi muda di bidang pendidikan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong perubahan dan pembaharuan khususnya di bidang perancangan arsitektur untuk mulai mempelajari dan menerapkan penggunaan teknologi digital. Salah satunya adalah teknologi virtual reality (VR). Pemanfaatan teknologi digital juga akan meningkatkan kreatifitas dan kompetensi arsitek dan calon arsitek di masa yang akan datang

Keywords


Teknologi digital; virtual reality; perancangan arsitektur; studi kasus

Full Text:

PDF

References


Mikko Sairio, “Augmented Reality,” http://www.tml.tkk.fi/Studies/Tik-111.590/2001s/papers/mikko_sairio.pdf

S.M. LaValle, “Virtual Reality,” 2019.

M. Mihelj et al, “Virtual Reality Technology and Applications,” 2014.

W.H. Chen, “An Investigation Into Web-based Panoramic Video Virtual Reality with Reference to the Virtual Zoo,” 2010.

Robert K Yin, “Case Study Researsh,” SAGE Publications, 2014.

Y.N. Bahar, “Aplikasi Teknologi Virtual Reality Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur,” Jurnal Desain Konstruksi, vol. 13, no. 2, Desember, 2014.

R.S. Syafril et al, “Penerapan Sederhana Virtual Reality Dalam Presentasi Arsitektur,” Junral NALARs vol. 19 no. 1, Januari, pp. 29–40,




DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v6i1.1501

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/joeict.v6i1.1501.g1224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JoEICT (Journal of Education And ICT)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.