PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN TIK DI SMP JAWAAHIRUL HIKMAH

Nur Rofi'ah
Sundayhara Outto Wasito


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v5i1.1319

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan masih kurang efektif. Dalam sistem pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif, pengajar akan selalu dituntut untuk kreatif inovatif dengan menggabungkan antara teks, gambar, audio, music dan video dalam satu kesatuan agar menimbulkan rasa senang selama proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menciptakan sebuah multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran TIK di SMP Jawaahirul Hikmah yang akan digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik sehingga pembelajaran tidak monoton, (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran TIK di SMP Jawaahirul Hikmah yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakkan metode Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan dalam proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran TIK menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis): Dalam tahap analisis dilakukan dengan metode observasi dan wawancara ; (2) Design (Desain/Perancangan): Dalam tahap ini peneliti pembuatan desain dilakukan dengan diagram UML. ; (3) Development (Pengembangan):  Desain produk dirancang atau dikembangkan dengan menggunakan  aplikasi Adobe Flash CS6 ; (4) Implementation (Implementasi): Dalam tahap ini peneliti melakukan uji produk yang telah dibuat dari segi tampilan dan akan di uji oleh ahli materi, ahli media, peserta didik; (5) Evaluation (Evaluasi): tahap evaluasi ialah proses yang digunakan untuk menentukan berhasil atau tidak produk. Subjek uji coba penelitian ini meliputi: uji coba perseorangan yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, uji coba kelompok kecil yang dilakukan dengan mengambil sampel kecil sebanyak 5 peserta didik kelas VIII SMP Jawaahirul Hikmah, dan uji coba kelompok besar/ lapangan yang dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 10 peserta didik kelas VIII SMP Jawaahirul Hikmah. Objek penelitian ini berupa kelayakan multimedia pembelajaran interaktif meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan multimedia pembelajaran interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran TIK dibuat menggunakan Adobe Flash Professional CS6, (2) multimedia pembelajaran interaktif tersebut masuk dalam kriteria layak untuk digunakan dengan penilaian tingkat kelayakan media berdasarkan aspek kelayakan, isi materi dan desain teknis mencapai nilai sebesar rata-rata 75% dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan produk adalah layak, menurut ahli media yang mencakup tentang aplikasi, konten multimedia dan format tampilan mencapai rata-rata 88% dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan produk adalah sangat layak, berdasarkan aspek kuesioner respon siswa (uji kelompok kecil) memperoleh nilai rata-rata 70% dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan produk yang dikembangkan adalah layak, dan dari kuesioner respon siswa (uji kelomppok besar/lapangan) memperoleh nilai 70% dapat disimpulkan bahwa kualitas produk yang dikembangkan juga layak digunakan. Maka dari keempat penilaian tersebut dapat diartikan bahwa multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

Article Metrics :