PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME BERGENRE VISUAL NOVEL PADA MATA PELAJARAN PEDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SD NEGERI 1 JEPUN.

Edo Agung Prakoso
Ela Rolita Arifianti


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v5i1.1307

Abstract


Proses pembelajaran di SD Negeri 1 Jepun masih menggunakan media pembelajaran konvensional (LKS) dan dalam proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas masih menggunakan media papan tulis, sehingga siswa kurang tertarik dan seringkali siswa kurang memperhatikan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup materi ekosistem. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang lebih menarik siswa dalam proses pembelajaran, maka peneliti mengembangkan media pembelajaran Untuk materi ekosistem berbasis Visual novel Pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Siswa SD Kelas V yang dilakukan di SDN 1 Jepun yang bertujuan untuk Mengetahui langkah-langkah dalam menghasilkan produk berupa aplikasi komputer, serta untuk mengetahui kualitas produk yang dibuat. Penelitian pengembangan ini dibuat dengan menggunakan model ADDIE, yakni terdiri Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Langkah-langkah dalam menghasilkan suatu produk yaitu menetapkan materi atau bahan ajar Pendidikan Lingkungan Hidup sesuai dengan hasil wawancara di SDN 1 Jepun, membuat karakter, mendesain aplikasi, membentuk file aplikasi windows,uji materi dan analisis hasil uji materi, uji media pada aspek functional suitability dan analisis hasil uji media, uji lapangan pada aspek usability dan analisis uji lapangan, analisis dan revisi produk. Berdasarkan hasil dari pengujian produk dapat diketahui : materi yang ada pada aplikasi sudah layak dan sesuai, pada uji functional suitability mendapatkan perhitungan sebesar 85% dan dinyatakan (sangat baik)  digunakan karena setiap fungsi menu aplikasi dapat berfungsi dengan baik, dan pada aspek pengujan usability memperoleh persentase kelayakan sebesar 89% dan dinyatakan (Sangat baik).


Full Text:

PDF

Article Metrics :