PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 BOYOLANGU

Vertika Panggayuh
Rahayu Renaningtyas


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v5i2.1269

Abstract


Logika dan algoritma merupakan materi pelajaran yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi. Sehingga untuk dapat menyelesaikan soal-soal tersebut siswa harus dilatih melibatkan keterampilan metakognitifnya. Adanya keterampilan metakognitif bertujuan untuk membantu siswa agar memahami bagaiamna tugas tersebut dapat dilaksanakan. Disisi lain, motivasi belajar juga perlu ditumbuhkan guna menstimulus keinginan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh keterampilan metakognitif dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 2 Boyolangu.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 138 siswa kelas X jurusan Administrasi Pehotelan 1 sampai 4. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan jenis simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes tertulis dengan jenis essay dengan jumlah pertanyaan sebanyak 15 butir. Data keterampilan metakognitif dan motivasi belajar diperoleh melalui angket menggunakan skala likert dengan rentang nilai 1 sampai 4 dengan total pernyataan sebanyak 35 butir.  Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.

 Berdasarkan hasil analisis data secara parsial variabel Keterampilan Metakognitif (X1) terhadap variabel Prestasi Belajar (Y) menunjukkan bahwa nilai thitung 7,980 > ttabel 1,98 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial variabel Motivasi Belajar (X2) terhadap variabel Prestasi Belajar (Y) menunjukkan bahwa nilai thitung 9,969 > ttabel 1,98 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data secara simultan antara variabel Keterampilan Metakognitif (X1) dan variabel Motivasi Belajar (X2) terhadap variabel Prestasi Belajar (Y) menunjukkan nilai fhitung 56,323 > ftabel 3,98.

Kata Kunci: metakognitif, motivasi, prestasi, belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics :