PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TIK PADA MATERI PENGOLAH ANGKA MICROSOFT EXCEL BERBASIS ANDROID UNTUK KELAS XI DI SMA

Miftakul Riza
Maliatul Fitriasari


DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v5i2.1221

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMA yang bertujuan untuk: Mengetahui langkah-langkah dalam menghasilkan produk berupa game edukasi TIK materi pengolah angka Microsoft excel berbasis android, sebagai media pembelajaran dan mengetahui tingkat kelayakan game edukasi TIK materi pengolah angka Microsoft excel menurut aspek functional suitability, performance efficiency,  portability dan usability berdasarkan ISO 25010. Penelitian pengembangan ini dibuat dengan menggunakan model Prototype, yakni Listen to Customer, Build/Revise Mock-up dan Customer test-drive Mock-up. Langkah-langkah dalam menghasilkan suatu produk yaitu menetapkan materi pengolah angka Microsoft excel untuk peserta didik SMA dengan hasil wawancara di SMA Negeri 1 Tulungagung, menyusun materi, mendesain asset game, membuat game edukasi, membentuk file apk android, uji materi dan analisis hasil uji materi, uji media pada aspek functional suitability dan analisis hasil uji media, uji lapangan pada aspek usability dan analisis uji lapangan, uji performance aplikasi pada aspek performance efficiency,dan analisis uji performance game. Berdasarkan hasil dari pengujian produk dapat diketahui: materi yang ada pada aplikasi sudah layak dan sesuai, pada uji functional suitability dinyatakan layak digunakan karena setiap fungsi menu game dapat berfungsi dengan baik, pada uji aspek portability aplikasi sudah dapat berjalan pada 4 versi android yang berbeda, dan pada aspek pengujan usability memperoleh presentase sebesar 82,75% (sangat baik).

                                                                                                                                                       

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game, TIK, SMA kelas XI


Full Text:

PDF

Article Metrics :