PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN WARNA SEBAGAI MEDIA BELAJAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK USIA DINI

Roroindah Dwi Cahyani, Fahrur Rozi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di PAUD Karunia Ibu yang bertujuan untuk: Mengetahui langkah-langkah dalam menghasilkan produk berupa aplikasi berbasis android dengan menggunakan augmented reality sebagai media belajar, buku katalog, dan mengetahui kualitas produk yang dibuat dalam membantu guru serta orang tua untuk mengenalkan warna pada anak usia dini. Penelitian pengembangan ini dibuat dengan menggunakan model Prototype, yakni Mendengarkan pelanggan, Merancang dan membuat Prototype, Uji Coba Prototype. Langkah-langkah dalam menghasilkan suatu produk yaitu menetapkan materi pengenalan warna untuk anak usia dini sesuai dengan hasil wawancara di PAUD Karunia Ibu, membuat marker, mendesain aplikasi, mencoding aplikasi, membentuk file apk android, membuat dan mencetak buku katalog, uji materi dan analisis hasil uji materi, uji media pada aspek functional suitability dan analisis hasil uji media, uji lapangan pada aspek usability dan analisis uji lapangan, uji performance aplikasi pada aspek performance efficiency,dan analisis uji performance aplikasi. Berdasarkan hasil dari pengujian produk dapat diketahui: materi yang ada pada aplikasi sudah layak dan sesuai, pada uji functional suitability dinyatakan layak digunakan karena setiap fungsi menu aplikasi dapat berfungsi dengan baik, pada uji aspek portability aplikasi sudah dapat berjalan pada 4 versi android yang berbeda, dan pada aspek pengujan usability memperoleh presentase sebesar 84% (sangat baik).



DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v3i2.1146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JoEICT (Journal of Education And ICT)



JoEICT (Journal of Education And ICT)
ISSN 2987-3215
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
University of Bhinneka PGRI

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/index


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.