PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PELANGGARAN TATA TERTIB SISWA BERBASIS ANDROID DI SMK NEGERI 2 BOYOLANGU

Rofif Asrori, Asti Riani Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara merancang sistem yang dapat menyampaikan informasi pelaggaran siswa kepada orang tua/wali dengan menggunakan perangkat Smartphone berbasis Android dan untuk mengetahui tingkat kelayakan sistem informasi pelanggaran tata tertib siswa menurut aspek functional suitability, performance efficiency,  portability dan usability berdasarkan ISO 25010. Metode dalam penelitian menggunakan Prototype, dengan tahapan Listen to Customer, Build/Revise Mock-up dan Customer test-drive Mock-up. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi pelanggaran tata tertib siswa berbasis android. Berdasarkan pada hasil uji coba, diperoleh presentase dari pengujian Usability dengan presentase sebesar 77%, pada pengujian functional suitability dalam uji media mendapat persentase 100% dan uji materi sebesar 86,11%, dalam aspek pengujian portability mendapatkan presentase 100%. Serta dalam aspek performance efficiency yang mendapatkan presentase penggunaan CPU yang tidak lebih dari 15% dan penggunaan memory sebesar 100 MB. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi sistem infromasi pelanggaran tata tertib sangat layak digunakan untuk membantu guru bimbingan dan untuk menginformasikan pelanggaran siswa kepada orang tua/wali dengan mudah dan cepat.



DOI: https://doi.org/10.29100/joeict.v3i2.1144

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/joeict.v3i2.1144.g604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JoEICT (Journal of Education And ICT)



JoEICT (Journal of Education And ICT)
ISSN 2987-3215
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
University of Bhinneka PGRI

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/index


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.