KESIAPAN PELAKSANAAN TEACHING FACTORY KONSENTRASI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK NU BAHRUL ULUM

Abdul Hamid
Anggara Sukma Ardiyanta
Emdi Ramadana Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v2i1.8071

Abstract


Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Teaching Factory di SMK NU Bahrul Ulum Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor dari segi aspek Kualifikasi, aspek kompetensi, kerjasama guru dengan industri, Mengidentifikasi kesiapan dari segi aspek Sarana dan prasarana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini meliputi lembar angket, observasi, dokumentasi. Hasil Penelitian ini dari aspek guru produktif, guru bisnis Teknik Sepeda Motor, guru kerjasama dengan industri masuk dalam kategori “sangat siap”, dalam aspek sarana prasarana tergolong “sangat siap”. Berdasarkan hasil identifikasi Kesiapan Standar Klasifikasi Kelengkapan Bengkel Teaching Factory Yamaha Teknik Sepeda Motor SMK NU Bahrul Ulum dalam kualifikasi “siap”.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Imron Rosyadi Khaerun, 5201405516 (2010) Keefektifan Penggunaan terhadap ModulInteraktif terhadap Hasil belajar kompetensi Sistem Bahan Bakar Motor Bensin siswa kelas XI Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari tarub kab. Tegal tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

DITPSMK. 2017. Pedoman Pembelajaran (Penerapan Model-Model Pembelajaran) Pada SMK. Jakarta: Direktorat Pendidikan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

. Arifin.M dan Barnawi. 2012. Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Ar-

Ruzz Media : Jakarta

Fajaryati, N. (2012). Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Surakarta.

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY, 2, 325-337

. Rully, I & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. Kasman,T.(2017). Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta: Kemendikbud.