ANALISIS METODE PEMBELAJARAN REPETISI PADA MODEL PEMBELAJARAN (PjBL) TERHADAP HASIL KETERAMPILAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XII SMK ISLAM 1 BLITAR
Abstract
Model pembelajarn project based learning memiliki tahapan dalam pembelajaran sedangkan metode pembelajaran repetisi lebih pada tahapan proses pengerjaan produk, dimana metode ini merupakan metode pembelajaran pengulangan dan implementasi dari teori behavioristik yang berfungsi sebagai penguatan keterampilan serta pengetahuan. Fenomena yang sering terjadi dalam pengajaran yaitu kurangnya maksimal dalam pembelajaran seperti siswa kurang memiliki motivasi, dan ketercapaian kompetensi yang belum maksimal sehingga sering terjadi pergantian metode pembelajaran agar tercapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah metode pembelajaran repetisi memiliki kelebihan yaitu dapat memacu siswa dalam hal belajar dan meningkatkan kompetensi keahlian serta dapat memetakan mindset siswa dalam pendekatan psikologi pendidikan sedangkan kekurangan metode ini adalah memunculkan rasa individualisme tinggi kepada sesama teman.
Article Metrics :
References
Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.
Purba, A., Pahar Harahap, E., & Yusra D, Y. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi 2021/2022. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(1), 109. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.439
Setyawan, dodiet aditya. (2021). Tahta Media Group v.penelitian.
Lubis, P., Hasibuan, M. B., & Gusmaneli, G. (2024). Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran. Intelletika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 1–18.
Makmur, S. M., Dunggio, R., Pilomonu, M. Z., & Maulana, R. (2023). Penguatan Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pancasila dan Metode Repetisi bagi Siswa di Sanggar Bimbingan Rawang Selangor, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 74–83. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22671
Sub Direktorat Statistik Industri Besar. Statistik Industri Manufaktur Indonesia 2013 (2024). Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2024/06/28/7ca817b2bf71decd4dd517ae/statistik-industri-manufaktur-indonesia-2022.html
Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian (31st ed.). Bandung: Alfabeta.
Ardiyanto, J., Handayani, O.W.K. and ... (2023) ‘Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Vokasi Kesehatan Melalui Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Repetisi’, Prosidi. Prosiding Seminar …, 1040–1048. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2262%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/2262/1745
Dale H.Schunk. (2012). Learning Theories An Educational Perpsective (Keenam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilahiyyah, I., Iriani, S. S., Harti, H., & Izzuddin, M. G. (2021). Implementasi Project-based Learning untuk Meningkatkan Entrepreneurial Mindset dan Entrepreneurial Skills pada Siswa SMK Nurul Islam. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 197. https://doi.org/10.30588/jmp.v11i2.885