ANALISIS DISTRIBUSI PROPORSI PENGGUNA PLATFORM SOSIAL MEDIA BERDASARKAN PERILAKU DAN PREFERENSI MENGGUNAKAN DATA MINING

Sihar Haryanto Pandiangan
Rafli Rafiqri
Jadiaman Parhusip


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v1i2.7051

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi dan proporsi pengguna platform sosial media berdasarkan perilaku dan preferensi mereka menggunakan teknik data mining. Dataset yang digunakan mencakup atribut seperti sentimen, aktivitas (likes dan retweets), waktu penggunaan, dan distribusi geografis. Metodologi ini mencakup preprocessing data, analisis distribusi, dan visualisasi menggunakan Python. Hasilnya menunjukkan preferensi platform yang bervariasi berdasarkan aktivitas pengguna, waktu, dan lokasi geografis, dengan Twitter dan Instagram sebagai platform dominan. Penelitian ini memberikan wawasan strategis bagi pengelola platform dan pengiklan dalam memahami perilaku pengguna.


Article Metrics :

References


. Statista. (2023). Global social media usage.

. (2023).Social Media Sentiments Analysis Dataset [Dataset]. https://www.kaggle.com/datasets/kashishparmar02/social-media-sentiments-analysis-dataset?select=sentimentdataset.csv

. Aggarwal, C. C. (2015). Data Mining: The Textbook. Springer.

. Python, W. (2021). Python. Python releases for windows, 24.

. Chen, H., Chiang, R. H. L., & Storey, V. C. (2012). Business intelligence and analytics: From big data to big impact. MIS Quarterly.

. Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2011). Data Mining: Concepts and Techniques (3rd ed.). Morgan Kaufmann.

. Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2011). Data Mining: Concepts and Techniques (3rd ed.). Morgan Kaufmann.

. Kotsiantis, S. B. (2011). Supervised machine learning: A review of classification techniques. Informatica, 31(3), 249-268.

. Zhao, K., & Rosson, M. B. (2009). How and why people Twitter: The role that microblogging plays in informal communication at work. Proceedings of the ACM 2009 International Conference on Supporting Group Work, 243-252.

. Fuchs, C. (2021). Social Media: A Critical Introduction (2nd ed.). Sage Publications.

. Witten, I. H., Frank, E., & Hall, M. A. (2016). Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques (4th ed.). Elsevier.