PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM SUSPENSI SISWA SMKN 1 NGULING

Oktano Eric
Rico Andika Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v1i2.6234

Abstract


Pengaruh antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran sistem suspensi siswa kelas X1 TKR SMKN 1 Nguling, menguji ada tidaknya pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar uji asumsi klasik dan hipotesis Penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti minat, motivasi belajar, intensitas belajar, kreativitas, disiplin belajar, dan pemilihan program kompetensi dapat berkontribusi pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sistem suspensi. Memahami hubungan antara motivasi dan kinerja akademis sangat penting bagi para pendidik untuk mengembangkan strategi pengajaran yang efektif yang meningkatkan prestasi siswa.Berdasarkan hasil uji analisis sederhana menggunakan uji y terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar terhadap Hasil Belajar siswa di SMKN 1 Nguling dengan nilai 4,554. Mengindikasikan bahwa variabel Kecerdaasan Emosional dan Motivasi Belajar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Hasil Belajar siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan di SMK Negeri 1 Nguling

Article Metrics :

References


A.M, Sardiman. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali. Pers.

Goleman, D. (2020). Kecerdasan Emosi : Mengapa Emotional Intelligence Lebih. Tinggi Daripada IQ, Alih Bahasa : T. Hermay, PT. Gramedia.

Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan. Pengalamanpengalaman. BPFE. Yogyakarta.

Linda, Akmaliah. (2021). Penggunaan Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Pasundan 3 Bandung. Skripsi (S1) thesis, FKIP

UNPAS.

Marsudi, M. (2020). Kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada standar kompetensi sistem suspensi. Jurnal Literasiologi, 4(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i2.145.