PENERAPAN POWER SUPPLY SEBAGAI PENGGANTI BATERAI ATAU ACCU PADA MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN BODI KENDARAAN RINGAN PADA SMK ISLAM 2 DURENAN TRENGGALEK 2024

Arfian Eka Wardana
Yelma Dianastiti


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v1i2.6115

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kelistrikan kendaraan ringan di SMK Islam 2 Durenan Trenggalek dengan mengganti penggunaan baterai atau accu dengan power supply. Dalam pendidikan teknik otomotif, khususnya pada mata pelajaran kelistrikan, penggunaan baterai atau accu sering mengalami kendala seperti keterbatasan daya, masa pakai yang pendek, dan biaya pemeliharaan yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan power supply sebagai pengganti baterai atau accu meningkatkan stabilitas daya, mengurangi biaya operasional, dan meminimalkan dampak lingkungan. Uji coba produk yang melibatkan siswa dan ahli media menunjukkan tingkat kelayakan yang sangat tinggi (87,6%). Penggunaan power supply tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan praktis bagi siswa. Dengan demikian, penerapan power supply sebagai sumber daya pada trainer kelistrikan kendaraan ringan diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mendukung program pendidikan teknik otomotif yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

Kata kunci: power supply, kelistrikan kendaraan ringan, efektivitas pembelajaran, pendidikan teknik otomotif

 

Abstract

This research aims to enhance the effectiveness of light vehicle electrical learning at SMK Islam 2 Durenan Trenggalek by replacing the use of batteries or accumulators with a power supply. In automotive technical education, particularly in electrical subjects, the use of batteries or accumulators often faces challenges such as limited power, short lifespan, and high maintenance costs. This study employs the Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The results show that using a power supply as a replacement for batteries or accumulators improves power stability, reduces operational costs, and minimizes environmental impact. Product trials involving students and media experts indicated a very high feasibility level (87.6%). The use of a power supply not only enhances the quality of learning but also provides a more interactive and practical learning experience for students. Therefore, the application of a power supply as an energy source for light vehicle electrical trainers is expected to improve learning effectiveness and support a more innovative and sustainable automotive technical education program.

Keywords: power supply, light vehicle electrical systems, learning effectiveness, automotive technical education


Article Metrics :

References


DAFTAR RUJUKAN

M. Farid and I. M. Muliatna, “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Dasar Terhadap Keefektifitasaan Proses Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif DI SMK Negeri 2 Lamongan,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 8, no. 1, pp. 88–97, 2019.

Hanafi Dan and A. Partawibawa, “IDENTIFIKASI BAHAYA, PENILAIAN RISIKO DAN PENGENDALIAN RISIKO DI BENGKEL KONSTRUKSI BODI KENDARAAN JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNY,” E-Jurnal Pendidik. Tek. Otomotif - S1, vol. 16, no. 2, Dec. 2016.

Y. Anggraini, S. Patmanthara, and P. Purnomo, “PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 2, no. 12, pp. 1650–1655, Dec. 2017, doi: 10.17977/JPTPP.V2I12.10316.

- Wilman Agustia, “STUDI DESKRIPTIF ANALISIS FASILITAS BENGKEL OTOMOTIF MENURUT STANDAR BSNP DI SMK PU NEGERI BANDUNG,” Feb. 2019, Accessed: Jun. 21, 2024. [Online]. Available: http://repository.upi.edu

E. Marwanto, “PENGEMBANGAN TRAINER SISTEM STARTER BERBASIS IDOU++,” J. Guru Dikmen dan Diksus, vol. 4, no. 2, pp. 225–240, Dec. 2021, doi: 10.47239/JGDD.V4I2.371.

Y. L. O. Siahaan and R. I. Meilani, “Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 4, no. 2, p. 141, 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i2.18008.

A. Aliana, F. Hidayah, R. Al Adawiyah, P. Ayu, and R. Mahanani, “Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” J. Sos. J. Penelit. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 21, no. 2, pp. 53–56, Nov. 2020, doi: 10.33319/SOS.V21I2.61.

I. Rohman and E. Yundra, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Power Supply Elektronika Industri Di SMK Negeri 2 Bojonegoro,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 05, no. 01, pp. 259–263, 2016.

M. Z. Fadhilah, I. M. Nauri, and A. B. N. R. Putra, “PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI TIME TOKEN BERBASIS JIGSAW LEARNING MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) SISWA KELAS XII TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH 7 GONDANGLEGI,” J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan dan Pengajaran, vol. 7, no. 2, pp. 165–174, Oct. 2023, doi: 10.17977/UM074V7I22023P165-174.

I. Malaya, S. Madrasah, and T. A. Rosyidiyah, “MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA,” J. Isema Islam. Educ. Manag., vol. 4, no. 1, pp. 77–92, Aug. 2019, doi: 10.15575/ISEMA.V4I1.5645.