PERKEMBANGAN PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KONSEP KOPETENSI GURU DI SMKN 1 REJOTANGAN

Dimas Andrian
Rico Andhika Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v1i1.5504

Abstract


Perkembangan profesi kependidikan adalah proses peningkatan kualitas dan kinerja guru sebagai tenaga profesional di bidang pendidikan. Perkembangan profesi kependidikan meliputi aspek-aspek seperti kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi, pengembangan karir, dan kesejahteraan guru. Perkembangan profesi kependidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat. Konsep kompetensi guru adalah kumpulan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku yang harus dimiliki dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas dan fungsi profesinya. Konsep kompetensi guru berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, meliputi empat jenis kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Kompetensi guru berfungsi sebagai acuan dalam :penilaian kinerja dan pengembangan profesionalisme guru.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


M. A. Nurkholis and B. Badawi, “PROFESIONALISME GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” Pros. Semin. Nas. PROGRAM Pascasarj. Univ. PGRI Plb., Feb. 2019, Accessed: Feb. 03, 2024. [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2571

M. Aspi and S. Syahrani, “PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN,” ADIBA J. Educ., vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2022.

A. Rahman, “Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 8455–8466, May 2022, doi: 10.31004/jptam.v6i1.3726.

E. Andina, “Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru | Andina | Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial,” Mar. 2019, doi: https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103.

B. A. Habsy, “Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur,” JURKAM J. Konseling Andi Matappa, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Sep. 2017, doi: 10.31100/jurkam.v1i2.56.