KONSEP DASAR KOMPETENSI GURU DAN PERKEMBANGAN PROFESI KEPENDIDIKAN DI SMKN 2 TULUNGAGUNG

Mochammad Dwi Prasetyo
Rico Andhika Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v1i1.5503

Abstract


Kompetensi guru menjadi aspek penting dalam mempersiapkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Sehingga harapanya mereka dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia serta mengatasi masalah pendidikan yang terjadi di Indonesia. Tidak hanya itu Pengetahuan dan juga Kemampuan juga menjadi faktor penting guru dalam mengajar siswa di sekolah. Pihak sekolah juga harus bekerjasama dengan tenaga kependidikan agar nantinya kualitas pendidikan dapat terus meningkat dan juga kualitas lulusan dari sekolah tersebut dapat terserap di dunia industri ataupun menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Metode kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi minat dan kepuasan siswa terhadap mata pelajaran otomotif. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara dan observasi untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung profesi kependidikan terkhususnya guru smk produktif, serta memahami apa saja yang perlu dipersiapkan sebagai calon tenaga pendidik terkususnya guru smk produktif. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional perlu mempersiapkan berbagai aspek terutama kompetensi sebagai guru antara lain kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, sehingga nantinya guru dapat mempersiapkan materi pembelajaran, mengontrol jalannya pembelajaran dan juga mengevaluasi dari masing-masing murid.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. Salbiyah, “PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD SE-KECAMATAN KETAHUN,” Manajer Pendidik. J. Ilm. Manaj. Pendidik. Program Pascasarj., vol. 14, no. 1, Art. no. 1, Aug. 2020, doi: 10.33369/mapen.v14i1.11370.

H. Simanjuntak, “Diktat Profesi Kependidikan,” May 2022, Accessed: Apr. 01, 2024. [Online]. Available: https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6668

T. Sumiati, “Profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SDN kelurahan Tanah Sereal,” Thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014. Accessed: Apr. 01, 2024. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25268

R. Octaviani and E. Sutriani, “ANALISIS DATA DAN PENGECEKAN KEABSAHAN DATA.” OSF, Feb. 11, 2019. doi: 10.31227/osf.io/3w6qs.

D. Pravitasari, “PROFESIONALITAS GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK IBTIDAIYAH,” Al-Ikhtibar J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2018.