KONSEP DASAR PROFESI KEPENDIDIKAN DI SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG

Wahyu Teja Gumelar
Yelma Dianastiti


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v1i1.5502

Abstract


Pendidik adalah sebagai fasilitator belajar, pola interaksi pendidik dan peserta didik yang cenderung kaku dan hirarkis, hendaknya berubah. Secara ideal pendidik hendaknya berperan sebagai fasililtator dan teladan bagi peserta didik, sehingga bisa mendorong peserta didik untuk mempelajari dan memahami Iptek, keterampilan dan sikap positif yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidik masa kini yang profesional selalu memikirkan, bagaimana menciptaka sekolah menjadi sebuah taman yang indah dan nyaman untuk belajar dengan model pembelajaran yang focus kepada siswa, disajikan dengan cara yang ramah, serta berbasis kecerdasan siswa. Paradigma baru pembelajaran: Dari memorandum kepada stadium, dari proses belajar yang sangat menekankan kepada kemampuan memori, menjadi kegiatan belajar mengajar yang mengembangkan otak dalam melakukan proses berpikir tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


R. Indy, F. J. Waani, and N. Kandowangko, “PERAN PENDIDIKAN DALAM PROSES PERUBAHAN SOSIAL DI DESA TUMALUNTUNG KECAMATAN KAUDITAN KABUPATEN MINAHASA UTARA,” HOLISTIK J. Soc. Cult., Oct. 2019, Accessed: Feb. 03, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/holistik/article/view/25466

N. Hidayati, “KONSEP INTEGRASI TRIPUSAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMAJUAN MASYARAKAT,” Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2016, doi: 10.21043/edukasia.v11i1.811.

W. Warsono, “GURU: ANTARA PENDIDIK, PROFESI, DAN AKTOR SOSIAL,” J. Soc. Media, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2017, doi: 10.26740/jsm.v1n1.p1-10.

S. Suyatno, “KINERJA PROFESI PENDIDIK MASA KINI,” Deiksis, vol. 7, no. 03, Art. no. 03, Sep. 2015, doi: 10.30998/deiksis.v7i03.553.

F. Oviyanti, “Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global,” Nadwa J. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, Art. no. 2, Mar. 2016, doi: 10.21580/nw.2013.7.2.562.

Rusandi and M. Rusli, “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus,” Al-Ubudiyah J. Pendidik. Dan Studi Islam, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2021, doi: 10.55623/au.v2i1.18.