PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI DASAR SISTEM PENERANGAN MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR KELAS XI TBSM 1 DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Moh Salimun
Anggara Sukma Ardiyanta


DOI: https://doi.org/10.29100/javed.v1i1.5358

Abstract


Salah satu karakteristik tamatan SMK adalah harus memiliki kompetensi untuk melaksanakan pekerjaan tertentu, dapat mengembangkan dirinya di dunia kerja dan memiliki kecakapan untuk menjalani kehidupannya secara baik, maka salah satu substansi atau isi kurikulum SMK dipilih dan dikemas dengan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum). Demikian juga dari isi rancangan pelaksanaan pembelajarannya, diharapkan siswa akan memperoleh pengalaman belajar yang dapat mengembangkan potensi dirinya untuk menguasai secara tuntas tahap demi tahap kompetensi-kompetensi yang sedang dipelajarinya, tanpa harus dibebani oleh hal-hal yang tidak terkait dengan penguasaan kompetensi tersebut.
Pembelajaran berbasis inkuiri bertujuan untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan kondisi tersebut, karena pembelajaran berbasis inkuiri pada intinya mencakup keinginan bahwa pembelajaran seharusnya didasarkan pada pertanyaan-pertanyaan siswa. Pembelajaran menginginkan siswa bekerja bersama untuk menyelesaikan masalah daripada menerima pengajaran langsung dari guru. Guru dipandang sebagai fasilitator dalam pembelajaran dari pengetahuan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu hasil observasi aktifitas guru dari 82% menjadi 95%, observasi aktifitas siswa dari 68,2% menjadi 93,7% dan observasi kemampuan kompetensi dasar rangkaian listrik dari 73,85% menjadi 90,3%, terjadi kenaikan yang cukup signifikan.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan kompetensi dasar rangkaian listrik siswa kelas X TSM 1 SMK Negeri 2 Bangkalan tahun pelajaran 2022/2023, dan juga melalui metode inkuri, telah terbukti siswa dapat menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif, menunjukkan inisiatif dalam melakukan eksperimen, mengungkapkan hasil penemuan dan mengungkapkan sebab akibat pada percobaan rangkaian listrik.
Kata kunci: metode inkuiri, kemampuan kompetensi dasar, sistem penerangan, pemeliharaan kelistrikan, sepeda motor


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


D. Putri, S. N. Fauziah, and P. L. Gaol, “Implementasi Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Mempersiapkan Era Society 5.0,” J. Sumber Daya Apar., vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Nov. 2023.

R. A. Putra and Y. Dianastiti, “Tingkat Minat Dan Kepuasan Siswa Terhadap Mata Pelajaran Otomotif,” J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan Dan Pengajaran, vol. 7, no. 2, Art. no. 2, 2023, doi: 10.17977/um074v7i22023p185-192.

H. Majid, S. Riatno, and I. Zainal, Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor : Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Eureka Media Aksara, 2023. Accessed: Mar. 31, 2024. [Online]. Available: https://repository.penerbiteureka.com/id/publications/564551/

K. I. Ratnasari and A. R. Masruhin, “Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika,” Auladuna J. Prodi Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, May 2019, doi: 10.36835/au.v1i1.166.

F. Wulandari, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar:,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Aug. 2016, doi: 10.21070/pedagogia.v5i2.259.

B. Basriah, “Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa Kelas V SD Negeri Ralla 1 Kabupaten Barru,” J. Studi Guru Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, Art. no. 3, Dec. 2020.