Pelatihan Pemanfaatan Media E-Learning Edmodo Di SMKN 2 Tulungagung
Abstract
ABSTRAK
Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis online sangat cocok dilakukan oleh guru agar relevan dengan perkembangan zaman. Media pembelajaran berbasis online memberikan akses yang dapat memudahkan proses belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran berbasis online yang dapat dimanfaatkan adalah Edmodo. Edmodo dapat membantu guru dalam membangun sebuah kelas virtual sesuai dengan kondisi pembelajaran di dalam kelas, berdasarkan pembagian kelas nyata di sekolah, dimana dalam kelas tersebut terdapat pilihan penugasan seperti: quiz, diskusi, agenda pembelajaran, tugas terstuktur, pemeriksaan tugas, dan pemberian/nilai pada setiap akhir pembelajaran. Edmodo diakui menyediakan cara belajar yang aman dan mudah untuk saling berkolaborasi berdasarkan pembagian group nyata. Atas dasar pemikiran masih kurangnya pemahaman guru di SMK Negeri 2 Tulungagung terhadap pemanfaatan media pembelajaran online, tim bermaksud mengadakan pelatihan pemanfaatan media e-learning edmodo untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dari program pelatihan ini adalah memberikan ketrampilan pemanfaatan media pembelajaran berbasis online edmodo bagi guru guna menunjang aktivitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Tulungagung. Hasil program pelatihan menunjukkan bahwa 61,9% peserta pelatihan menyatakan bahwa kegiatan pelatihan pemanfaatan media e-learning edmodo sangat bermanfaat, sedangkan 38,1% peserta pelatihan menyatakan bahwa kegiatan pelatihan pemanfaatan media e-learning edmodo cukup bermanfaat. Selain itu, setelah program pelatihan dilaksanakan sebanyak 71,4% peserta pelatihan menyatakan sudah cukup paham terhadap pemanfaatan media e-learning edmodo, dan 23,8% lainnya menyatakan sudah sangat paham terhadap pemanfaatan media e-learning edmodo, hanya 4,8% peserta pelatihan menyatakan bahwa dirinya masih kurang paham terhadap pemanfaatan media e-learning edmodo. Kebermanfaatan pelatihan pemanfaatan media e-learning edmodo nampak dengan adanya komitmen dari peserta pelatihan (guru) tentang rencana penerapan media edmodo dalam kelas pembelajaran mereka. Berdasarkan hasil kuesioner ditemukan bahwa 85% peserta pelatihan menyatakan bahwa mereka memiliki komitmen untuk menerapkan media edmodo dalam pembelajaran mereka. Hanya 15% dari peserta pelatihan menyatakan bahwa mereka belum dapat menentukan sikap terhadap penerapan media edmodo dalam kelas pembelajaran mereka.
Kata Kunci: Media - E-Learning – Edmodo
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Buescher, Eileen. 2010. The Wonders of Educational Blogging. A White Paper. (online) (http://coe.winthrop.edu/jonesmg/LTI/2010Fwhitepapers/Eileen_ Buescher.pdf), diakses 30 January 2017.
Chanchary, Farah Habib & Islam, Samiul. 2009. Mobile Learning in Saudi Arabia Prospects And Challenges. Artikel. (online) (http://www.nauss.edu.sa/acit/ PDFs/f2535.pdf), diakses 30 January 2017.
Dewi, Finita. 2014. Edmodo: A Social Learning Platform for Blended Learning Class in Higher Education. Pedagogy and Technology Journal Vol XI/No 2. (online) (http://www.academia.edu/20300729/edmodo_ASocial_Learning _Platform_for_Blended_Learning_Class_in_Higher_Education), diakses 25 Januari 2017.
IT Cermat, 2016. Mengenal Aplikasi Edmodo: Pembelajaran Berbasis E-learning. (online) (http://itcermat.com/mengenal-aplikasi-edmodo-untuk-siswa-orang-tua-dan-guru-sekolah/), diakses 25 Maret 2017.
Kemendikbud. 2017. Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah SMK Negeri 2 Tulungagung. (online), (http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/0a a8ec5007d0005241ff), diakses 30 Januari 2017.
Permendiknas. 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Peraturan Menteri. (online) (http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/ dokumen/Permendiknas%20No%2016%20Tahun%202007.pdf), diakses 30 January 2017.
Priowirjanto, Gatot. 2013. Tutorial SEA EduNet 2.0 Where learning happens. Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre.