Pelatihan Aplikasi Hot Potatoes Sebagai Bahan Ajar Berbasis Ict Guna Meningkatkan Profesionalisme Guru Sdit Telukjambe Timur Dan Sekolah Islam At-Taubah Karawang
Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan hasil analisis wawancara terhadap guru-guru di SDIT NU Telukjambe Timur dan Sekolah Islam At-Taubah Karawang yang dilakukan pada bulan Maret 2018 di sekolah masing-masing teridentifikasi beberapa masalah pembelajaran di kelas, yakni: 1) rendahnya kesadaran guru akan pentingnya Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran; 2) kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di kelas; 3) rendahnya paparan (exposure) siswa terhadap akses materi ajar dan latihan yang interaktif dan menyenangkan; dan 4) Metode belajar konvensional yang kurang memotivasi siswa untuk belajar. Permasalahan yang teridentifikasi tersebut merupakan permasalahan yang mendesak untuk segera diatasi terutama mengenai rendahnya keasadaran guru dalam penguasaan teknologi dan menciptakan kelas multimedia. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan ketrampilan bagi guru-guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis ICT menggunankan Hot Potatoes. Hot Potatoes merupakan tool atau aplikasi untuk membuat Bank Soal interaktif berbasis web. Program Hot Potatoes terdiri atas enam program yang dapat digunakan untuk membuat materi pengajaran secara interaktif berbasis web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk untuk mengakses soal-soal latihan materi pembelajaran. Metode pelatihan adalah dengan ceramah tentang Hot Potatoes, praktek secara langsung dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis Hot Potatoes.Pelatihan ini telah berhasil memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan memperkenalkan media yang memuat soal-soal yang interaktif, kreatif, dan menyenangkan sebagai media untuk berlatih siswa.
Kata Kunci : Bahan ajar ICT, Hot Potatoes
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arikunto Suharismi, 2002. Prosedur Penelitian.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asyhar, R., 2012. Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran. Jakarta :
Referensi.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran:
Peranannya Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujuan Pembelajaran.
Yogyakarta: Gava Media
Djamaan Satori dan Aan Komariah, 2013.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Hot Potatoes, 2010. Tersedia:
http://hotpot.uvic.ca/
Ibrahim Bafadal, 2004. Peningkatan
Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Bumi Askara.
Muhson, A., 2010. Pengembangan Media
Pembelajaran. Jurnal Pendidikan
Akuntansi.
Indonesia, VIII: 1-10.
Subari, 2008 Penggunaan Hot Potatoes Dalam
Pembelajaran (E-Learning). In
Workshop Program PHK Inherent K-1 Universitas Islam Malang. Malang
Tim ICT SMKN 2 Yogyakarta, 2011. Membuat Kuis dengan Hot Potatoes 6.
Yogyakarta: SMKN 2 Yogyakarta Usman Uzer, 1998. Menjadi Guru Fropesional. Bandung: Remaja Rosdakarya