Pelatihan Praktek Model-Model Pembelajaran Pada Mahasiswa

Nur Farida
Retno Marsitin


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v6i2.884

Abstract


ABSTRAK

Banyak sekali jenis dari model-model  pembelajaran yang kita jumpai. Banyak kita jumpai bahwa mahasiswa pada waktu menyelesaikan tugas akhir dan melakukan penelitian, di dalam proses penelitiannya serimg kita jumpai bahwa mereka menerapkan model-model pembelajaran.Model-model pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di Program Studi Pendidikan Matematika. Halini tentunya sangatlah tepat bagi wadah mahasiswa agar belajar dan dapat mempraktekkan model-model pembelajaran tersebut secara tepat. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah: 1) Kurangya pemahaman akan manfaat dari model-model pembelajaran, 2) Kurangnya kemampuan dalam menerapkan model-model pembelajaran, 3) Kurang menguasai menjalankan model-model pembelajaran,dan 4)Bingung mencari model yang tepat ketika menyelesaikan tugas akhir. Hasil dari beberapa model pembelajaran yang telah dipraktikkan oleh kelas offering 2015A menunjukkan bahwa 76,9% mahasiswa telah mampu mempraktikkan model pembelajaran dengan baik. Hasil dari beberapa model pembelajaran yang telah dipraktikkan oleh kelas offering 2015C menunjukkan bahwa 84,6% mahasiswa telah mampu mempraktikkan model pembelajaran dengan baik. Kegiatan pembelajaran dan hasil yang telah dicapai, dapat dikatakan bahwa pelatihan praktik model-model pembelajaran dapat berjalan dengan hasil sangat baik dan dapat dikembangkan guna kegiatan pembelajaran berikutnya dan dapat dikembangkan lagi. Serta membantu mahasiswa memahami materi.

Kata  Kunci: Pelatihan, praktek, model-model pembelajaran.

Article Metrics :

References


Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Blai Pustaka.

Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran), Modul Diklat

Terintegrasi Berbasis Kompetensi

Guru Mata Pelajaran Matematika.

Jakarta: Direktorat PLP.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep & Makna

Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.