Media Pembelajaran Inovatif House Of Multiplication Bagi Siswa Sdn Sidorejo Sebagai Upaya Hitung Cepat Perkalian
Abstract
ABSTRAK
Sebagian peserta didik mengatakan bahwa matematika itu abstrak, karena terdiri dari angka dan simbol. Sebagai pemerhati pendidikan di bidang matematika ini menjadi tugas besar untuk mengubah pemikiran tersebut bahwa matematika itu digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan nyata adanya. Media pembelajaran inovatif merupakan sarana untuk menyampaikan bahwa matematika itu nyata, asyik dan menyenangkan tentunya. SDN Sidorejo merupakan sekolah yang terletak di Kecamatan Sukosewu Bojonegoro dimana penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika masih jarang dilakukan. House of Multiplication merupakan media dalam bentuk permainan membentuk deret angka secara horizontal, vertikal maupun diagonal,dimana untuk mendapatkan masing-masing deret angka tersebut pemain harus melakukan perkalian yang bersesuain dengan papan angka yang sudah disediakan. Hasil pelatihan ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif (berdasarkan observasi dan wawancara) menunjukkan bahwa semua peserta telah mendapat pengetahuan dan keterampilan terkait aplikasi media pembelajaran House of Multiplication. Media yang dipresentasikan ini mendapat respon positif dari peserta didik maupun guru di SDN Sidorejo. Peserta didik sangat antusias dalam belajar menggunakan media tersebut, belajar adalah sesuatu yang menyenangkan. Bagi guru bisa menjadikan motivasi untuk senantiasa menggunakan cara-cara baru utamanya dalam pengaplikasian media pembelajaran inovatif di kelas.
Kata kunci : Media Pembelajaran Inovatif, House of Multiplication, Hitung Cepat Perkalian
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Amir, Almira. 2016. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, Volume 2 Nomor 1, 2016.Andrijati, Noening. 2014. Penerapan Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal.Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 31 Nomor 2. Purnama, M.D, Irawan, E.B., dan Sadijah, C.2017. Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Volume 1 Nomor 1. April 2017. ISSN:2549-8584.Safitri, D.N., Sujiran, Junarti, Suriyah, P. 2017. Permainan Kartu (Card Game) untuk Menghafal Perkalian Melalui Bimbingan Belajar Gratis pada Usia Sekolah Dasar di Desa Kunci. Jurnal Bagimu Negeri. Volume 1 Nomor 2.Samura, A.O. 2015. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan
E-ISSN: 2613-9103 J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)Volume 6, Nomor 2, Desember2018: 505656Pemanfaatannya. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Volume 4 Nomor 1, April 2015. ISSN: 2089-855XWahyuningtyas, D.T., dan Shinta, R. N. 2017. Pelatihan Media Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum2013 Bagi Guru Sekolah Dasar di Gugus 9 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi. Volume 14 Mei 2017. ISSN: 1693-3214.Yuhasriati. 2012. Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, Volume 1 Nomor 1, Oktober 2012. ISSN: 2302-5158.