Pemberdayaan Komunitas Melalui Pelatihan Digital Marketing Untuk UMKM di Era Ekonomi Digital

Ziyaul Haq
Lubban Anwari Alhamidi
Mulya Burhan


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v13i1.8421

Abstract


ABSTRAK

Meskipun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, banyak dari mereka masih menghadapi kesulitan untuk mengadopsi teknologi digital. Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat meningkatkan daya saing Anda, memperluas jangkauan Anda, dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda di era ekonomi digital. Oleh karena itu, pelatihan digital marketing adalah langkah penting dalam membantu komunitas UMKM menjadi lebih siap untuk mengikuti kemajuan teknologi. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendidik pelaku UMKM dalam strategi pemasaran digital yang efektif, seperti menggunakan media sosial, platform e-commerce, dan membuat konten yang dipromosikan. Sesi pelatihan langsung dan praktik penggunaan berbagai aplikasi pemasaran digital digunakan dalam pelatihan ini. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta lebih memahami cara mengelola pemasaran digital secara lebih strategis, yang berdampak pada visibilitas usaha dan pertumbuhan bisnis. Pelatihan ini juga terbukti memperkuat daya saing UMKM dan mendukung keberlanjutan usaha di tengah persaingan ekonomi digital yang semakin ketat.
Kata kunci: Teknologi Digital Marketing, UMKM, Pemberdayaan Masyarakat, E-Commerce, Strategi Pemasaran

Article Metrics :

References


Chairani, V. S., Astuti, M., Mursyida, L., Utami, R. A., Kartika, R., & Thaitami, S. H. (2025). Pelatihan nail art & digital marketing bagi guru SMK kecantikan se Sumatera Barat untuk mendukung. Community Development Journal, 6(1), 241–248.

Jalantina, D. I. K., Minarsih, M. M., Fatmasari, D., & Fadilah, R. (2025). Sosialisasi digital marketing sebagai sarana pemasaran produk lokal Desa Mangunsari. Community Development Journal, 6(1), 222–228.

Lestandy, M., Syafaah, L., Hidayat, K., Irfan, M., & Hakim, L. (2025). Pelatihan manajemen sistem informasi untuk meningkatkan produktivitas dalam ekonomi digital pada produk air minum kemasan Q-MAS. Community Development Journal, 6(1), 1056–1062.

Manap, A., Buana, L. S. A., Julina, D. P., Lubis, Z., Sugito, & Pujadi, A. P. (2024). Pendampingan UMKM dalam meningkatkan daya saing. Community Development Journal, 5(5), 10306–10312.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Ningsih, S., Wijaya, Y. F., Handayani, E. T. E., Hidayatullah, D., & Lantana, D. A. (2024). Strategi digital marketing PKM untuk menumbuh kembangkan usaha UMKM. Community Development Journal, 5(1), 1257–1262. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25010

Maslaka, K., Evanthi, A., & Digital, P. (2024). Implementasi sistem pembayaran digital bagi UMKM pada bazar Ragam Rasa di Kota Lama Surabaya. Community Development Journal, 5(6), 12672–12676.

Puspita, A., Humaidi, M. A., Hernany, D. H., & Wulandari, A. Y. (2025). Strategi peningkatan kualitas pemasaran melalui platform media sosial di Kelurahan Sungai Baru Kec. Banjarmasin Tengah. Community Development Journal, 6(1), 76–83.

Sekarini, R. A., Perdana, N. A., Rini, I. P., Siregar, A. M., Dirgantara, M. A., Farhani, H., & Yunas, M. F. (2025). Pelatihan digital marketing sebagai upaya kemandirian ekonomi siswa SMK Muhammadiyah 06 Jakarta. Community Development Journal, 6(1), 878–883.

Suhartono, E., Anggapratama, R., Patonah, S., & Isroani, F. (2024). Penyuluhan kewirausahaan bagi UMKM berbasis digital di Fij Bojonegoro Jawa Timur. Community Development Journal, 5(6), 12896–12899.

Wardani, H. K., Hidayah, B., Ainiyah, M., Pembelajaran, M., & Digital, B. (2025). Pelatihan pembuatan materi pembelajaran berbasis digital di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah. Community Development Journal, 6(1), 918–924.

Yanto, M., Chartady, R., Munaf, T., Febrianta, R., Irawan, A. C., Rahmayani, D., Sederhana, P., & Keuangan, P. (2024). Pelatihan pembukuan sederhana dan menggunakan aplikasi SIAPIK pada UMKM Desa Lancang Kuning. Community Development Journal, 5(6), 12945–12950.

Yulistina, Silvia, D., Salma, N., Sari, M. S., Kemasan, D., & Produk, P. (2025). Peningkatan produk UKM melalui pelatihan packaging. Community Development Journal, 6(1), 539–543.

Zain, R. H., Afira, R., Awal, H., & Yani, Z. (2025). Pelatihan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan keamanan dan pertumbuhan UMKM di era transformasi digital. Community Development Journal, 6(1), 166–171.