Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di PKBM Bintang Kita: Urgensi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Yulia Sofiani
Dede Narawaty
Ajeng Dinar Wisesa


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v13i1.7857

Abstract


Meningkatnya kebutuhan akan kemampuan berbahasa Inggris di kalangan anak-anak di lingkungan pendidikan nonformal mendorong PKBM Bintang Kita untuk meluncurkan proyek pengabdian masyarakat ini. Bahasa Inggris telah menjadi kemampuan penting untuk pertumbuhan profesional dan pribadi karena globalisasi terus memengaruhi lingkungan pendidikan dan ketenagakerjaan. Meskipun demikian, sejumlah besar siswa di lingkungan pendidikan non-tradisional, seperti Pusat Pembelajaran Masyarakat (PKBM), memiliki akses terbatas ke materi dan pengalaman pembelajaran bahasa Inggris yang terorganisir. Melalui strategi pembelajaran interaktif berbasis konteks yang disesuaikan dengan tujuan dan kehidupan sehari-hari siswa, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Dalam konteks yang menarik dan berpusat pada siswa, kegiatannya meliputi pengembangan kosakata, latihan percakapan dasar, dan tugas tata bahasa yang bermanfaat. Untuk mengatasi kendala umum dalam kemampuan berbicara, penelitian ini juga menyoroti perlunya dorongan dan membangun kepercayaan diri. Upaya ini menyoroti kebutuhan penting untuk program bahasa Inggris jangka panjang di lembaga pendidikan informal. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini juga menekankan potensi inisiatif berbasis masyarakat untuk mempromosikan pembelajaran seumur hidup dan menutup kesenjangan pendidikan. Peningkatan perhatian siswa, peningkatan kemampuan komunikasi dasar bahasa Inggris, dan keinginan yang lebih besar untuk belajar di luar kelas semuanya ditunjukkan oleh hasil kegiatan tersebut.
Kata kunci: Pengabdian kepada masyarakat, Pendidikan Non-Formal, Kegiatan pembelajaran, Bahasa Inggris

Article Metrics :

References


Brunner & Suddarth, (2013). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 volume 2. Jakarta EGC.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Harlow: Longman.

Hughes, R. (2011) Teaching and Researching Speaking. 2nd Edition, Routledge, London. https://doi.org/10.4324/9781315833736

Intarat et al (2017). ICTs for non-formal education in rural Thailand. DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.3165

Morrisson. George S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta:Indeks.

Pathan dkk. (2014). Impact of time management on organizational performance. The Women-Annual Research Journal of Gender Studies, 6. file:///C:/Users/rstg/Downloads/IMPACT_OF_TIME_MANAGEMENT_ON_ORGANIZATIO.pdf